Internasional / Eropa /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/02/2016 08:00 WIB

Pemerintah Inggris Larang Boikot Produk Israel

Demo Solidaritas Palestina di United Kingdom
Demo Solidaritas Palestina di United Kingdom
LONDON_DAKTACOM: Aktivis kemanusiaan menuduh pemerintahan Inggris melakukan penindasan terhadap hak asasi manusia karena melarang aksi boikot atas barang dan jasa yang berasal dari bisnis kotor, termasuk di dalamnya produk dari pemukiman ilega Israel.
 
Pemerintah Inggris berencana akan melarang setiap institusi yang didanai oleh publik untuk melakukan atau menyerukan aksi boikotnya atas produk-produk dari Israel.
 
Juru bicara Perdana Menteri Inggris David Cameron, menyatakan bahwa aksi boikot Israel merupakan tindakan tercela yang dapat merusak relasi antar bangsa, memperuncing permusuhan, serta menumbuhkan anti semitisme.
 
"Boikot juga dapat merusak jaringan ekspor Inggris," ujar sang jubir sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, Selasa (16/2).
 
Sementara itu, Ben seorang aktivis kemanusiaan untuk solidaritas Palestina dari Inggris yang tak ingin nama lengkapnya disebut menilai bahwa sikap pemerintah Inggris ini keterlaluan.
 
"Pelarangan ini tentunya berimbas pada kesulitan bagi warga lokal untuk melakukan investasi pada bisnis yang sesuai dengan etika kemanusiaan," paparnya.
 
Gerakan masyarakat untuk melakukan Boikot, Divestasi dan Sanksi bagi Israel (BDS) di Inggris pun melihat bahwa apa yang dilakukan oleh Cameron serupa dengan dukungan Margaret Thatcher untuk rezim Apartheid di Afrika pada 1980.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Al Jazeera
- Dilihat 559 Kali
Berita Terkait

0 Comments