Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/02/2016 12:00 WIB

Seskab Bantah Isu Tutupnya Pabrik Panasonic dan Toshiba Akibat Proyek Kereta Cepat

Pramono Anung
Pramono Anung

JAKARTA_DAKTACOM: Seskab, Pramono Anung menegaskan penutupan sejumlah pabrik industri tidak ada kaitannya dgn proyek kereta cepat.

"Tutupnya pabrik industri seperti Panasonic dan Toshiba murni karena persaingan pasar dan pesatnya perkembangan teknologi sehingga mereka harus melakukan inovasi kembali. Tidak ada kaitannya dengan proyek kereta cepat," ujarnya pada Jum'at (5/2).

Pramono meyakini hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Jepang masih cukup baik dalam kerjasama ekonomi,

"Bahkan saat ini pemerintah Jepang sedang fokus untuk mengembangkan proyek energi dan transportasi sehingga kemungkinan besar tetap akan menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia," papar Pramono.

Sebelumnya beredar kabar bahwa sejumlah pabrik industri asal Jepang akan hengkang dari Indonesia. Dua pabrik industri yang telah menyatakan akan ditutup adalah PT Panasonic Lighting dan PT Toshiba Electronic yang berada di Cikarang.

Muncul isu bahwa penutupan dua pabrik industri elektronik terbesar di Asia ini karena pemerintah Jepang kecewa atas kekalahan mereka atas tender mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang akhirnya dikerjakan oleh sebuah konsorsium asal negeri Tiongkok.

Reporter :
Editor :
- Dilihat 1551 Kali
Berita Terkait

0 Comments