Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 31/03/2015 12:16 WIB

Dana Hibah DKI Untuk Kota Bekasi Dinaikkan

Walikota Bekasi Rahmat Effendi dalam salah satu kegiatan
Walikota Bekasi Rahmat Effendi dalam salah satu kegiatan

BEKASI_DAKTACOM:  Dana Hibah Pemerintah Provinsi DKI untuk perbaikan infrastruktur dan penyelesaian permasalahan banjir, kemacetan arus lalu lintas, perbaikan lingkungan, bagi Pemerintah Kota Bekasi rencananya akan dinaikan dari bantuan tahun sebelumnya.

Pemerintah Kota Bekasi telah mengajukan Detail Engineering Design (DED) 2015 sebesar Rp 412 miliar ke Pemprov DKI Jakarta pada tahun lalu. Namun dari dana yang diajukan, Pemprov DKI Jakarta hanya menyanggupi pemberian dana hibah sebesar Rp 300 miliar.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Senin (30/3/15). Awalnya kata walikota, dana hibah yang disetujui Pemprov DKI Jakarta mencapai Rp 98 miliar. Namun belakangan dana hibah itu bertambah menjadi Rp 300 miliar.

"Kalau betul seperti itu  artinya berkah buat Bekasi, karena sebagian rencana DED artinya disetujui. Kita bersyukur dan saya akan sujud syukur atas kenaikan itu" ujar Walikota.

Dijelaskan, dana bantuan yang diberikan DKI akan difokuskan untuk menyelesaikan persoalan banjir, infrastruktur, kemacetan arus lalu lintas dan lingkungan. " Rencananya, dana hibah 2015 ini akan digunakan untuk mengatasi masalah perkotaan lintas wilayah Jakarta-Bekasi," Jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Binamarga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, DR.Tri Adhianto  mengatakan, Pemkot Bekasi sebetulnya telah menyiapkan DED pemakaian dana hibah jauh sebelum DKI Jakarta menyetujui pemberian dana hibah sebesar Rp 300 miliar. Bahkan pada saat itu, instansinya mengajukan dana sebesar Rp 412 miliar.

Meski demikian, pihaknya belum mengetahui program apa saja yang disetujui oleh DKI Jakarta dari DED yang diajukan oleh instansinya. " ada beberapa poin pembangunan yang menjadi fokus pihaknya dalam menggunakan dana hibah tersebut," Tri menjelaskan .

"Misalnya, lanjutan pembangunan jalan di sisi selatan kalimalang dengan anggaran Rp 60 miliar, pembangunan jembatan dekat Tol Timur dengan anggaran Rp 30 miliar, pelebaran jembatan dan jalan Bojong Menteng, Jatiasih sebesar Rp 8 miliar," Tambahnya. (tdy/faf)
 

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 2278 Kali
Berita Terkait

0 Comments