Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 30/12/2015 10:14 WIB

KPAI: Anak Sangat Butuh Perhatian Negara

asrorun niam
asrorun niam

BEKASI_DAKTACOM: Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun  Ni'am menyatakan dari datang yang dihimpun timnya dalam setahun terakhir, muncul trend anak-anak menjadi pelaku kriminal.

"Dari 400 kasus persoalan anak yang ditangani KPAI, kasus paling banyak berasal dari pelaku tindakan kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak," ujarnya dalam wawancara dengan Radio Dakta, Rabu (30/12).

Hal ini menurutnya disebabkan masih minimnya kesadaran masyarakat tentang hak-hak anak. Ia mencontohkan tingginya kasus penelantaran anak sebagai bukti atas hal tersebut.

Dari maraknya kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak, Ni'am melihat salah satu faktor pendukung lainnya dari fenomena ini adalah kentalnya budaya kekerasan dalam masyarakat.

"Karena anak itu mencontoh, masyarakat juga harus bisa bertanggung jawab untuk menghilangkan budaya kekerasan seperti perkelahian dan bullying," jelasnya.

Ni'am menambahkan, hal ini kemudian diperparah dengan pesatnya perkembangan video game baik online maupun offline yang tidak dikontrol secara benar oleh pemerintah.

"Di tahun depan, pemerintah dituntut untuk lebih meningkatkan perannya dalam menjaga anak-anak dan juga harus turut membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya mengayomi anak di tengah masyarakat," harapnya.

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1719 Kali
Berita Terkait

0 Comments