Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 29/03/2015 11:35 WIB

Manlu Yaman: Masih Terbuka Pintu Pembicaraan Menyelesaikan Krisis

Raja Salman pada pertemuan Liga Arab di Mesir
Raja Salman pada pertemuan Liga Arab di Mesir

SHARM ESH-SHEIKH-DAKTACOM:  Menteri Luar Negeri Yaman Riyadh Yassin mengatakan pintu bagi pembicaraan untuk menyelesaikan krisis Yaman masih terbuka.

Yassin mengeluarkan pernyataan tersebut dalam Pertemuan Puncak Liga Arab, yang diselenggarakan pada pagi hari yang sama di Kota Sharm Esh-Sheikh, Mesir. Dia menambahkan operasi militer koalisi pimpinan Arab Saudi mengincar mereka yang berusaha merusak pemerintah yang sah di Yaman.

"Meskipun serangan udara masih berlangsung, kami tetap memberitahu  Houthi pintu bagi dialog terbuka. Jika mereka menghentikan gerak maju mereka di Yaman, dialog akan dilanjutkan," kata Yassin, Sabtu (28/3).

Ia juga memuji tindakan militer cepat oleh koalisi Arab pimpinan Arab Saudi terhadap kelompok Houthi.

"Reaksi ini dari negara Liga Arab untuk mendukung Yaman membuktikan lembaga ini telah memainkan peran penting. Keputusan melancarkan campur-tangan militer akan memiliki dampak sangat besar dalam krisis Yaman," kata Yassin.

Pada Kamis (26/3), serangan udara pimpinan Arab Saudi menggempur tempat militer yang digunakan oleh anggota kelompok Syiah Houthi.

Al-Houthi menyatakan tindakan mereka untuk memerangi perluasan kaum Salafi di Yaman, dan untuk mempertahankan masyarakat Syiah mereka dari penyebaran dan diskriminasi sistematis.

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1229 Kali
Berita Terkait

0 Comments