Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/12/2015 21:00 WIB

RPH Jatimulya Kabupaten Bekasi akan Dimodernkan

Ilustrasi Rumah Potong Hewan Modern
Ilustrasi Rumah Potong Hewan Modern

CIKARANG_DAKTACOM: Pemerintah Kabupaten Bekasi membutuhkan Rumah Potong Hewan (RPH) modern untuk menjamin kebersihan dan kehalalan daging.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Disnakanlaut Kabupaten Bekasi, Asep Ajit Kusnadi mengatakan pada Senin (14/12) bahwa rumah potong yang dikelola oleh Pemkab Bekasi, sejauh ini ada 2 tempat, yaitu RPH Jatimulya Tambun Selatan dan RPH Cikarang.

"Rata-rata untuk penyembelihan di RPH Jatimulya perharinya mencapai 100-200 ekor sementara di RPH Cikarang mencapai 70-100 ekor sapi," ujar Asep.

Untuk menjamin kebersihan daging tersebut, pihaknya membutuhkan RPH modern, meski begitu instansinya tidak akan membangun RPH baru dan akan memaksimalkan RPH Jatimulya

Karena dari segi lahan RPH tersebut sangat dimungkinkan untuk dijadikan sebagai RPH modern dan sesuai standar. Pihaknya mengaku sudah berkonsultasi dengan Bappeda terkait rencana pembangunan RPH tersebut.

Sementara itu, menurut Asep, di Kabupaten Bekasi sudah ada RPH Modern, yakni RPH Berdikari di kawasan Cibitung, tetapi tempat tersebut merupakan milik BUMN itupun untuk memenuhi kebutuhan daging sapi secara nasional.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 5489 Kali
Berita Terkait

0 Comments