Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 07/12/2015 14:00 WIB

Pemkab Bekasi Wacanakan Bentuk Lahan Abadi Pertanian

Ilustrasi Lahan Sawah
Ilustrasi Lahan Sawah

CIKARANG_DAKTACOM: Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bekasi tengah melakukan kajian untuk membuat lahan abadi pertanian.

Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan kabupaten Bekasi, Farid Setiawan ditemui seusai menghadiri tanam padi serentak di Kp. Selang Jati Desa Wanajaya, Cibitung, Senin (7/12) mengatakan pembuatan lahan abadi untuk pertanian sangat diperlukan.

"Melihat makin pesatnya pertumbuhan wilayah perumahan dan industri, perlu ada lahan abadi untuk menjaga area pertanian," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya tengah melakukan kajian bersama dengan Bappeda seberapa banyak lahan yang akan dijadikan sebagai lahan abadi, setelah itu akan digulirkan ke dalam Rancangan Peraturan Daerah.

Namun dengan belum adanya Raperda tersebut, pihaknya mengaku berkomitmen untuk tidak merubah lahan pertanian yang dijadikan sebagai industri yang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah.

Sementara terkait dengan hasil lahan pertanian di Kabupaten Bekasi diakui Farid wilayahnya tetap mampu swasembada beras walau banyak lahan yang berubah fungsi menjadi perumahan atau pabrik.

"Kebutuhan beras masih bisa mencukupi warga bahkan dikirim ke daerah lain," jelasnya.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1471 Kali
Berita Terkait

0 Comments