Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/11/2015 16:13 WIB

Pemkab Bekasi Siapkan Aplikasi Digital untuk Arsip Daerah

Ilustrasi Arsip Digital
Ilustrasi Arsip Digital

CIKARANG_DAKTACOM: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bekasi berencana membuat aplikasi mengenai sistem pengelolaan arsip daerah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan pada Senin (30/11), meski kewenangan pengelolaan arsip berada di badan arsip dan perpustakaan daerah, namun kewenangan membuat aplikasi berada pada dinasnya.

Di tahun 2016, pihaknya diminta oleh badan arsip dan perpustakaan untuk membuat aplikasi mengenai pengelolaan arsip melalui sistem jaringan komputerisasi.

Dengan dibuatnya aplikasi tersebut, hal ini akan menginventarisir arsip yang dimiliki Kabupaten Bekasi melalui basis data komputer.

Beberapa aplikasi yang telah dibuat oleh Diskominfo diantaranya sistem manajemen administrasi daerah, e-puskesmas, musrembang online dan aplikasi lainnya.

Pihaknya juga telah memberikan surat edaran agar jika ada dinas yang ingin membuat aplikasi untuk menyampaikannya ke dinas kominfo supaya terintegrasi antara satu dinas dengan dinas lain.

Sementara terkait dengan adanya wacana pembuatan aplikasi penggunaan alokasi dana desa agar anggaran yang diberikan pemerintah pusat lebih tepat guna dan transparan, menurut Hudaya pihaknya belum mengkomunikasikan hal itu dengan BPMPD.

Namun jika diperlukan, maka Diskominfo siap untuk membuat aplikasi tersebut, namun harus ada surat permohonan terlebih dahulu dari dinas terkait.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2292 Kali
Berita Terkait

0 Comments