Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/11/2015 11:00 WIB

BNN: Populasi Besar Remaja Pasar Potensial Bagi Sindikat Narkoba

David Hutapea Kasi Organisasi Kemasyarakatan BNN
David Hutapea Kasi Organisasi Kemasyarakatan BNN

BEKASI_DAKTACOM: Badan Narkotika Nasional melihat ada banyak alasan mengapa sindikat narkoba kerap menyasar kaum muda untuk memasarkan barang-barang terlarang.

Selain karena rawan secara psikologis, jumlah populasi pemuda Indonesia yang sangat besar, bagi sindikat narkoba merupakan pasar potensial yang mampu menyerap produksi narkoba dalam jumlah besar.

"Populasi pemuda kita di mata sindikat narkoba merupakan pasar yang luar biasa besar, belum lagi penyebarannya di kalangan pemuda sangat cepat karena menyebar dari lingkaran perkawanan," ujar David Hutapea, Kasi Organisasi Kemasyarakatan BNN dalam talkshow di Radio Dakta, Senin (9/11).

Ia juga menambahkan, untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba di kalangan remaja, masyarakat diminta proaktif berpartisipasi dalam mengedukasi lingkungan sekitar.

David mengingatkan salah satu ciri remaja yang terkontaminasi narkoba adalah berperilaku di luar kebiasaan umum.

"Sebenarnya reaksi seseorang beragam, tergantung jenis narkoba yang mereka pakai, tapi yang umum terlihat adalah kebiasaan mereka berubah dan sering melakukan hal-hal di luar kebiasaan," paparnya.

Jika ciri-ciri itu muncul pada remaja di sekitar, David menghimbau agar para orang tua waspada dan mulai mendekati anak untuk mencari tau penyebab dari sikapnya yang tidak biasa.

"Sebab anak-anak zaman sekarang memang macam-macam perilakunya, kita perlu teliti, mana yang akibat narkoba mana yang sedang butuh perhatian," jelas David.

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1763 Kali
Berita Terkait

0 Comments