Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/03/2015 16:05 WIB

Keajaiban Air Dalam Al-Quran

Air Putih Mempunyai Manfaat Yang Luar Biasa, Begitu Pula Yang Disebutkan Dalam Al Quran
Air Putih Mempunyai Manfaat Yang Luar Biasa, Begitu Pula Yang Disebutkan Dalam Al Quran
BEKASI_DAKTACOM: Salah satu cara untuk menjaga kesehatan secara alami dan Islami adalah dengan memperbanyak minum air. Kenapa harus meminum air? Karena selain tubuh kita membutuhkan air, Allah juga memerintahkan agar kita dapat memberikan tubuh dengan air yang cukup.  
 
Air merupakan komponen terbanyak dalam tubuh kita, bahkan saat kita masih menjadi janin, kandungan air dalam tubuh hampir mendekati 100%, kemudian setelah lahir kandungan air dalam tubuh mulai berkurang menjadi 80%, saat dewasa menjadi 70%, dan ketika sudah lanjut usia bisa menjadi 50%. Fenomena semacam ini sudah dijelaskan oleh Allah di dalam firman-Nya:
 
“Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.” (Qs Al Furqan:54)
 
Yang lebih mengejutkan lagi, kalau kita perhatikan bumi yang kita tempati ini, ternyata komponen yang terbanyak adalah air, bukankah lautan luasnya 3 kali lipat dari daratan? Sungguh Maha Benar Allah, jauh sebelumnya Allah telah menyatakan hal ini di dalam salah satu firman-Nya: 
 
“Dan Kami jadikan dari air segala sesuatu yang hidup, apakah mereka beriman?." (Qs Al Anbiya:30)
 
Ayat di atas mengisyaratkan bahwa kalau kita ingin hidup yang lebih sempurna dan lebih sehat hendaknya kita mengkomsumsi air dalam jumlah yang cukup, baik untuk diminum, atau untuk membersihkan diri dan lingkungan, maupun untuk bersuci.
 
Para ahli menjelaskan bahwa air merupakan komponen utama sel, jaringan, dan organ manusia. Penurunan total cairan tubuh bisa menyebabkan penurunan volume cairan, baik intrasel maupun ekstrasel, yang dapat berimbas pada kegagalan organ, bahkan kematian.
 
Selain itu, air diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus, penyakit kewanitaan, bahkan bisa mengobati penyakit stroke.
 
Seseorang yang  mandi pada pagi hari dengan air, maka peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh terasa lebih bugar, produksi sel darah putih dalam tubuh akan meningkat, begitu juga produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita ikut meningkat juga, serta memberikan kekebalan terhadap virus.
 
Al Qur’an telah nenyampaikan kepada kita suatu cairan yang paling berkualitas, yaitu air yang berfungsi untuk membersihkan segala sesuatu. Allah swt  berfirman:
 
“Dan Kami turunkan dari langit air sebagai pembersih“ (Qs.Al Furqan :48)
 
Di sisi lain, ternyata Allah swt di dalam berbagai ayat dalam Al Qur’an, menjelaskan bahwa bumi yang kering dan mati bisa dihidupkan lagi dengan turunnya hujan dari langit, sehingga bumi tersebut menjadi subur kembali dan menumbuhkan berbagai macam tanaman yang bisa dimakan oleh manusia dan binatang-binatang yang lain. Sungguh Maha Besar Allah yang telah mengatur demikian rapinya kehidupan mahluk di muka bumi ini.
 
Bahkan secara gamblang, Allah menjelaskan fungsi air hujan yang diturunkan di muka bumi ini untuk berlangsungnya kehidupan kaum muslimin. Allah berfirman:
 
“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kakimu“ (Qs Al Anfal:11)
 
Demikian secara sekilas fungsi air yang disebutkan oleh Al Qur’an, mudah-mudahan dengan selalu mengkomsusi air, tubuh kita sehat selalu, ibadah kita lancar serta lingkungan kita menjadi bersih, yang selanjutnya akan membawa kebahagian kita di dunia dan akhirat. (Dr. Ahmad Zain An Najah, MA).
 
Editor :
- Dilihat 8909 Kali
Berita Terkait

0 Comments