Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 29/10/2015 12:00 WIB

Menkopolhukam Canangkan Rekayasa Cuaca Selama Sepekan

Menkopolhukam dalam Konpress Rekayasa Cuaca
Menkopolhukam dalam Konpress Rekayasa Cuaca

JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan mencanangkan rekayasa cuaca selama sepekan untuk membatasi munculnya kembali titik api.

"Saat ini target kami adalah mencari kumpulan awan yang akan dibuat rekayasa cuaca sehingga dapat menurunkan hujan di sejumlah titik-titik kebakaran hutan dan lahan. Ini sudah berhasil dilakukan di daerah Riau pada kemarin sore," ujarnya pada Rabu (28/10).

Luhut menegaskan operasi water bombing akan tetap mereka lakukan karena menurutnya lahan-lahan gambut masih berpotensi menimbulkan api dan mereka akan menggunakan bubuk kimia untuk memadamkannya.

"Apabila rekayasa cuaca ini berhasil menurunkan hujan dalam intensitas yang tinggi selama sepekan, maka di pekan selanjutnya masalah kabut asap ini akan segera teratasi dan kembali normal," paparnya optimis.

Sebelumnya dalam konpers bersama BNPB, Kapus informasi dan data BNPB, Sutopo Purwonegoro menegaskan bahwa titik api sudah mulai berkurang karena kini di beberapa wilayah telah turun hujan yang cukup deras sehingga membasahi lahan-lahan gambut yang rawan terbakar.

Ke depannya BNPB akan terus berkoordinasi bersama BPPT dan BMKG untuk menjalankan program rekayasa cuaca ini demi mengatasi masalah kabut asap yang belum kunjung usai.

Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 818 Kali
Berita Terkait

0 Comments