Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 28/10/2015 10:00 WIB

DPR: Patriotisme Pemuda 1928 Harus Jadi Inspirasi Para Pemimpin

Ahmad Zainuddin  Anggota DPR F PKS
Ahmad Zainuddin Anggota DPR F PKS

JAKARTA_DAKTACOM: Sebelum Indonesia merdeka tahun 1945, usaha menuju ke arah kemerdekaan itu sudah dimulai jauh sebelumnya. Bahkan kegigihan semangat patriotisme para pemuda di tahun 1928, menjadi akar kemerdekaan Indonesia 17 tahun kemudian.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua FPKS MPR RI, Ahmad Zainuddin di Kompleks MPR-DPR Senayan, Jakarta, Selasa (27/10).

Zainuddin mengatakan, para pemimpin Indonesia saat ini harus benar-benar mengambil inspirasi patriotisme dan nasionalisme dari para pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

"Inspirasi tentang mengutamakan persatuan, menafikan perbedaan. Inspirasi tentang optimisme Indonesia pasti akan merdeka dan maju. Inspirasi soal kedaulatan, kemandirian dan nasionalisme. Juga inspirasi tentang ke-Indonesia-an secara utuh," ujar Zainuddin.

Zainuddin menuturkan, literatur-literatur sejarah banyak menyebutkan bahwa pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia sudah dimulai sejak awal abad 20.

Puncak gelombang pergerakan pertama terjadi saat digelarnya kongres pemuda pada tahun 1926 yang berujung pada lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928.

Menurut anggota komisi I DPR RI ini, Indonesia bahkan sudah lahir dengan lahirnya Sumpah Pemuda, meski baru diproklamasikan 17 tahun kemudian pada tahun 1945.

"Tokoh-tokoh pemuda saat itu sudah bicara soal Indonesia secara utuh. Padahal negara ini belum ada. Dan tokoh-tokoh pemuda tahun 1928, sebagian besar mereka juga lah tokoh-tokoh di balik berdirinya negara ini tahun 1945," papar Zainuddin.

Editor :
Sumber : Humas Fraksi PKS DPR RI
- Dilihat 1501 Kali
Berita Terkait

0 Comments