Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 27/10/2015 14:00 WIB

Menteri LHK: Lahan Bekas Terbakar Sudah Ditanami Kelapa Sawit

Ilustrasi Kebakaran Hutan
Ilustrasi Kebakaran Hutan

JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya akan melakukan pengawasan di sejumlah area lahan yang telah terbakar.

"Dalam temuan-temuan kami saat ini sejumlah area lahan yang telah terbakar sudah mulai ditanami oleh bibit kelapa sawit, ini semakin memperkuat dugaan adanya faktor kesengajaan dalam musibah kebakaran hutan ini," ujarnya pada Selasa (27/10).

Siti mengatakan untuk sementara pihaknya akan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para perusahaan kelapa sawit di area lahan yang terbakar.

"Namun apabila mereka terindikasi melakukan pelanggaran dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat sekitar, maka kami akan langsung memberikan sanksi berupa pencabutan izin," tegasnya.

Permasalahan kebakaran hutan dan lahan sehingga menyebabkan kabut asap masih terus berlangsung di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Sebelumnya DPR RI menggulirkan wacana untuk membentuk pansus asap atas masalah yang tak kunjung usai ini. Ketua Komisi IV, Edhy Prabowo menyatakan siap mendorong pemerintah agar meningkatkan kembali anggaran Kementerian menjadi Rp 9,8 triliun.

Hal ini sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan pada tahun depan dengan menyediakan peralatan dan pendukung pemadam kebakaran yang memadai, karena menurutnya bencana asap tahun ini adalah yang terparah sepanjang sejarah. Indonesia.

Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 777 Kali
Berita Terkait

0 Comments