Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 31/08/2024 12:00 WIB

Sempat Tertunda Akibat Pandemi, KKI Gelar Gashuku Nasional 2024 di Bekasi

Gashuku Nasional 2024 di Oso Sport Center Grand Wisata
Gashuku Nasional 2024 di Oso Sport Center Grand Wisata
BEKASI, DAKTACOM - Setelah tertunda akibat pandemi, Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) kembali menggelar Gashuku Nasional 2024 di Oso Sport Center, Grand Wisata, Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (31/8/2024).
 
Acara ini mencakup Pertemuan Dewan Guru Provinsi se-Indonesia dan Ujian DAN tingkat Nasional, yang diikuti oleh 664 siswa dari 26 provinsi.
 
Peserta ujian terbagi dalam empat tingkatan: tingkat 1 diikuti 508 peserta, tingkat 2 diikuti 76 peserta, tingkat 3 diikuti 44 peserta, dan tingkat 4 diikuti 33 peserta.
 
Ketua Dewan Pembina KKI, Oesman Sapta Odang, mengapresiasi penyelenggaraan acara ini sebagai tanda kebangkitan KKI setelah pandemi. 
 
"Saya menyebut ini sebagai era kebangkitan KKI setelah pandemi. Kegiatan ini bisa digelar minimal dua tahun sekali," ujar pria yang akrab disapa Oso.
 
Oso juga menegaskan bahwa KKI merupakan organisasi Karate terbesar di Indonesia dan yang pertama kali membawa seni bela diri Karate ke Kopassus. 
 
Ia juga mengajak anggota perguruan KKI untuk berterima kasih kepada Sensai Horyu Sinya Matsuzaki, yang memperkenalkan aliran Kushin Ryu ke Indonesia. 
 
"Kita harus berterima kasih kepada Sensai Matsuzaki. Beliau yang memperkenalkan kita kepada bela diri Karate," tambahnya.
 
Kegiatan Gashuku semakin spesial dengan kehadiran Guru Besar KKI, Sensai Horyu Sinya Matsuzaki, ayah dari juara dunia Karate lima kali berturut-turut, Sawanori Matsuzaki.
 
Ketua Umum KKI, Letjen (Purn) Nono Sampono, berharap peserta ujian dapat menambah ilmu dan menyebarkannya ke anggota KKI di daerah-daerah. 
 
"Ujian DAN Nasional terakhir digelar 2018 lalu di Dojo Oso Sport Center. Baru kali ini bisa kita gelar lagi karena pandemi," kata Nono. * * *
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 255 Kali
Berita Terkait

0 Comments