Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 23/10/2015 14:09 WIB

Menteri ART/BPN Minta Alat Deteksi Dini Kebakaran Hutan

Ferry Mursyidan Baldan courtesy Beritasatu
Ferry Mursyidan Baldan courtesy Beritasatu

JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan menginginkan adanya alat deteksi dini kebakaran di tiap area kehutanan.

"Bencana kebakaran hutan yg selalu terjadi hampir setiap tahun ini karena tidak adanya deteksi awal untuk mencegah hal tersebut sehingga semakin lama area yang terbakar akan bertambah luas," ujarnya pada Jum'at (23/10).

Ferry mencontohkan seperti di tiap-tiap gedung selalu ada alat sensor asap dan pemadam api ringan sebagai langkah awal antisipasi apabila terjadi kebakaran.

"Coba kalau kita lihat ke Gedung itu kan ada alat sensornya, jadi misalnya ada api atau asap, alat itu langsung memancarkan air kan? Nah yang seperti itu juga seharusnya ada di tiap area kehutanan sebagai antisipasi awal," jelasnya.

Permasalahan kabut asap akibat kebakaran hutan bertambah parah, kini kabut asap juga mengepung sejumlah wilayah lainnya seperti Sumut, Sulsel, dan Sulteng.

Pihak BMKG Pekanbaru pagi ini merilis titik panas/hotspot di wilayah Sumatera mencapai 372 titik. Dimana wilayah Sumsel menjadi yg terbanyak dgn 241 titik panas.

Sementara itu wilayah Jambi sebanyak 45 titik, Bengkulu terdapat 7 titik, Sumbar 1 titik, Kepri 2 titik, Babel 3 titik, dan Riau sebanyak 49 titik panas.

Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 1334 Kali
Berita Terkait

0 Comments