Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 20/02/2024 13:00 WIB

Bantu Perbaiki Akses Jalan Warga, Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Laksanakan TMMD

Kegiatan TMMD di Kabupaten Bekasi
Kegiatan TMMD di Kabupaten Bekasi
KARANG BAHAGIA, DAKTACOM - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 0509/Kabupaten Bekasi berlangsung di Desa Karang Mukti, Kecamatan Karang Bahagia.
 
Kegiatan ini dengan tema Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah dibuka oleh Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, di Kantor Desa Karang Mukti pada Selasa (20/2).
 
TMMD, merupakan program terpadu dari TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat, dilaksanakan selama 30 hari dengan fokus pada perbaikan jalan, pembangunan Posyandu, pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu), pembangunan MCK, embung air, serta beberapa kegiatan non-fisik seperti penyuluhan hukum, kesadaran bela negara, dan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba.
 
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengapresiasi upaya TNI dalam melakukan pembangunan infrastruktur maupun non fisik di wilayah Kecamatan Karang Bahagia. Untuk infrastruktur, dibangun tujuh ruas jalan lingkungan yang kondisinya rusak berat sehingga apabila diperbaiki akan bermanfaat bagi akses masyarakat. 
 
"Kegiatan ini sangat bermanfaat dengan adanya pembangunan infrastruktur, termasuk perbaikan rumah dan sarana lainnya. Selain itu, pentingnya semangat gotong-royong yang terjaga dalam pelaksanaan TMMD dan penguatan kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan kunci sistem pertahanan kita. Oleh karena itu, TNI harus selalu bersama rakyat dan rakyat selalu dekat dengan TNI," ucapnya.
 
Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. Danang Waluyo, menambahkan bahwa tujuan utama dari TMMD Ke-119 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat bersama anggota TNI.
 
"Tujuan TMMD ini adalah membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang dianggap perlu. Kami melibatkan 200 prajurit selama 30 hari ke depan, bahkan tinggal di rumah warga untuk memperbaiki jalan dan melaksanakan berbagai kegiatan non fisik," ujarnya.
 
Dandim berharap TMMD kali ini dapat meningkatkan keterlibatan TNI dalam pembangunan, karena kegiatan merupakan salah satu bentuk kontribusi TNI dalam pembangunan daerah di mana anggota TNI terlibat langsung dalam kegiatan pembangunan di pedesaan.
 
"Dengan pembangunan jalan, perbaikan rumah tidak layak, serta kegiatan non-fisik yang dilakukan di TMMD, kami berharap dapat menumbuhkan kebersamaan dan semangat gotong royong antara TNI dengan masyarakat," katanya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 444 Kali
Berita Terkait

0 Comments