Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 31/01/2024 22:00 WIB

FajarPaper Menerapkan Langkah Proaktif untuk Keselamatan Karyawan dengan Pelatihan AED

Pelatihan Keselamatan Kerja bagi Karyawan PT FajarPaper
Pelatihan Keselamatan Kerja bagi Karyawan PT FajarPaper
CIKARANG, DAKTACOM - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, merayakan Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2024 dengan menyelenggarakan pelatihan Automated External Defibrillator (AED) bagi berbagai kategori karyawan. 
 
Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kesiapsiagaan karyawan dalam menghadapi situasi darurat terkait dengan henti jantung.
 
Automated External Defibrillator (AED) adalah perangkat portable yang berfungsi untuk menganalisis irama jantung secara otomatis dan memberikan sengatan listrik ke jantung melalui dada.
 
 Penggunaan perangkat ini bertujuan untuk mengembalikan irama jantung ke kondisi normal dan digunakan sebagai alat pertolongan pertama pada situasi mendadak saat seseorang mengalami henti jantung. Melihat pentingnya perangkat ini dalam menjaga keselamatan jiwa, pelatihan AED menjadi langkah proaktif perusahaan.
 
Pelatihan AED diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai kategori, termasuk karyawan yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD) dan Tim Emergency Response Group (ERG). Pelatihan ini dilaksanakan dalam 10 gelombang, dimulai dari 5 Januari hingga 9 Februari 2024.
 
Manager Sustainability Development PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), Putera Lukito, menekankan komitmen perusahaan terhadap keselamatan karyawan dan kesiapan dalam merespons keadaan darurat.
 
"Pengadaan alat dan pelatihan AED diadakan karena melihat pentingnya alat ini untuk menyelamatkan nyawa karyawan. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dapat sigap dan cepat dalam merespons keadaan darurat yang berkaitan dengan henti jantung," kata Lukito.
 
Pelatihan dirancang dengan metode teori dan praktek simulasi keadaan darurat. Peserta dapat mempraktekan penanganan keadaan darurat secara tepat, termasuk penerapan teknik Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) hands-only dan penggunaan alat AED. Hal ini bertujuan agar peserta dapat mengaplikasikan alat AED secara efektif.
 
Karyawan FajarPaper yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD), Henry Sugara, menyambut pelatihan dengan antusias. 
 
"Saya makin paham bahwa AED dapat membantu keselamatan nyawa saya dan rekan-rekan karyawan, setelah mendapat penjelasan dan coba untuk praktek. Pelatihan ini juga menyadarkan pentingnya keselamatan dalam bekerja," ujarnya.
 
Arifin Sianipar, karyawan FajarPaper yang merupakan anggota Tim Emergency Response Group (ERG), menyebut pelatihan AED ini menambah pengetahuan di tim PMK dan karyawan tentang cara menyelamatkan hidup orang lain, terutama rekan-rekan karyawan. 
 
"Sehingga, yang telah mengikuti pelatihan ini dapat dengan cepat dan tepat menangani kasus darurat seperti henti jantung." katanya. 
 
Langkah proaktif yang diambil FajarPaper dalam pengadaan alat AED dan penyelenggaraan pelatihan menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan standar keselamatan industri, terutama di kawasan perusahaan. 
 
Saat ini, terdapat 11 alat AED yang tersebar di area produksi, kantor, dan klinik perusahaan. FajarPaper terus berinvestasi dalam inisiatif perbaikan lingkungan kerja yang aman bagi semua pekerja secara berkesinambungan.
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1413 Kali
Berita Terkait

0 Comments