Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 23/10/2015 09:30 WIB

SNH Advocacy Center: Penanggulangan Kabut Asap Lemah

Direktur Eksekutif SNH Advocacy Center Sylviani Abdul Hamid
Direktur Eksekutif SNH Advocacy Center Sylviani Abdul Hamid

JAKARTA_DAKTACOM: Direktur SNH Advocacy Center, Sylviani Abdul Hamid mengatakan bencana asap tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan diduga ada keterlibatan korporasi yang dengan sengaja membakar lahan untuk kepentingan perusahaannya.

Proses pembakaran ini dimaksudkan untuk memangkas biaya pembukaan lahan baru menjadi lebih murah.

“Dibanding harus melakukan proses secara manual dengan membajak dan menggaru serta menyemprot dengan racun untuk lahan yang akan digunakan, proses melalui pembakaran akan lebih murah dan efisien di samping meningkatkan pH tanah,” ujarnya pada Kamis (22/10).

Oleh karenanya, Sylvi meminta kepada Pemerintah Pusat untuk segera melakukan proses hukum terhadap pelaku pembakaran hutan.

“Pemerintah Pusat jangan takut untuk menetapkan ini sebagai bencana nasional, karena tidak ada efek yang merugikan, hanya memang memalukan ketika tidak dapat mengatasi bencana asap yang sudah menjadi musibah tahunan,” tegas Sylvi.

Ia juga menampik adanya kabar bahwa dengan ditetapkannya bencana asap sebagai bencana nasional para pelaku pembakaran akan bebas dari tuntutan hukum.

“Tidak ada aturan yang mengatakan seperti itu, justru seharusnya semakin berat hukuman yang diberikan akibat dari perbubatannya yang menyebabkan dampak yang menasional,” ujarnya.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Humas SNH Advocacy Centre
- Dilihat 1318 Kali
Berita Terkait

0 Comments