Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 02/11/2023 17:00 WIB

Mahasiswa Program Pasca Sarjana PAUD Universitas Panca Sakti Dorong Guru Terapkan Teknologi dalam Pembelajaran

Kegiatan sosialisasi bagi guru PAUD mahasiswa Universitas Panca Sakti
Kegiatan sosialisasi bagi guru PAUD mahasiswa Universitas Panca Sakti
KEDUNGWARINGIN, DAKTACOM - Penggunaan teknologi pendidikan di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) masih minim. 
 
Untuk itu mahasiswa program Pascasarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi menggelar Program Pengabdian Masyarakat Workshop dengan tema Ingin Ke Cafe: Inovasi Penggunaan Canva Edu Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini. 
 
Kegiatannya berlangsung di TKIT Ulul Albab Kedungwaringin Kabupaten Bekasi, Kamis (2/11) yang dihadiri pengelola sebanyak 100 pengelola PAUD/TK.
 
Mahasiswa program Pascasarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi Rachmasari Aulia mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa semester III dengan mengabdikan diri ke lembaga sekolah atau guru-guru PAUD.
 
"Sasaran kami kesana, kami mendesain Kegiatan workshop dan pendampingan, terkait tema kami melakukan survey ke beberapa daerah kecamatan di Kabupaten Bekasi bahwa pembelajaran di PAUD kita liat kemampuan teknologinya agak jauh, akhirnya kami ingin meningkatkan kualitas guru PAUD dalam teknologi membuat model pembelajaran," katanya. 
 
Menurutnya dengan perkembangan teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan oleh guru PAUD agar kegiatan belajar bagi anak lebih menarik dan interaktif apalagi ada kebijakan dari pemerintah bahwa akun belajar.id bisa bebas diakses melalui fitur premium jangan sampai tidak dimanfaatkan, sehingga guru bisa memaksimalkan pembelajarannya. 
 
"Masih banyak yang memiliki pandangan baahwa penggunaan teknologi belum penting dalam pembelajaran PAUD hanya sekedar main saja, untuk itu harus ditanamkan kepada guru-guru dan masyarakat bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang fundamental," tuturnya. 
 
Dalam kegiatan tersebut, Rachma menyebut setiap pengelola PAUD diberikan tugas untuk membuat metode pembelajaran buku cerita dengan menggunakan Canva agar setelah diberikan edukasi tidak sampai selsai disini saja tapi juga bisa diaplikasikan di lembaganya. 
 
"Setelah kegiatan ini mereka harus kami push agar bisa mengembangkan diri dengan diberikan tugas membuat buku cerita melalui Canva, jadi tidak hanya selesai disini saja. Pesertanya juga antusias dalam mendengarkan dan berasal dari berbagai kecamatan. Kegiatan kami juga disupport oleh IGTK sehingga banyak yang ikut serta," jelasnya. 
 
Melalui kegiatan ini, ia berharap guru PAUD agar bisa lebih mengembangkan diri melalui teknologi, dan memadukan teknologi dengan tahapan perkembangan anak. 
 
"Bukan hanya update teknologi saja, tapi juga harus bisa mengerti mengenai tahapan perkembangan anak sehingga pembelajarannya lebih optimal," tutupnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 822 Kali
Berita Terkait

0 Comments