Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 04/11/2023 15:00 WIB

J-Rocks dan Band Kotak Semarakan Deltamas Matsuri 2023

Pembukaan Deltamas Matsuri 2023
Pembukaan Deltamas Matsuri 2023
CIKARANG, DAKTACOM - Kota Deltamas kembali menyelenggarakan festival budaya Jepang-Indonesia bertajuk Deltamas Matsuri, Sabtu-Ahad (4-5/11). Penyelenggaraan festival budaya ini merupakan kali kedua yang bertujuan membangun silaturahmi dan hubungan yang harmonis antar komunitas lokal dan ekspatriat Jepang yang tinggal dan bekerja di Kota Deltamas. 
 
Direktur Operasional Kota Deltamas, Tommy Satriotomo mengatakan Deltamas Matsuri bukan hanya sekedar acara festival budaya saja. Lebih dari itu acara ini menjadi momentum penting dalam mendukung pembangunan komunitas yang beragam di Kota Deltamas. 
 
"Jumlah eskpatriat khususnya dari Jepang pun terus bertumbuh dan mereka umumnya bekerja di Kawasan Industri GIIC," ujarnya. 
 
Ia berharap melalui acara ini bisa mengobati rasa rindu para ekspatriat Jepang, sehingga mereka dapat merasakan suasana serupa yang biasa dilakukan tiap tahunnya di kampung halaman mereka dalam menyambut mekarnya bunga sakura. 
 
"Festival Deltamas Matsuri ini menjadi ajang pertunjukan keberagaman budaya, sekaligus kami juga mau membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan industri kreatif," katanya. 
 
Ketua Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) Fuad A. Khadir mengatakan melalui kegiatan ini orang Indonesia bisa belajar budaya Jepang dan begitu juga sebaliknya. 
 
"Tujuannya kegiatan ini kami ingin ada pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang, mereka bisa saling belajar budaya masing-masing," jelasnya. 
 
Tahun ini, Deltamas Matsuri menghadirkan beragam guest star menarik diantaranya Kotak Band, J-Rocks, Amai Monogatari, Elaine, Kirashi Dream, Rozen Girl, Shirai Metal, Yuriwa, Shun Suke, Hiro Umeda dan lainnya.
 
Acara ini juga dimeriahkan dengan adanya cosplay parade, kompetisi olahraga dari tenant Greenland International Industrial Center (GIIC) hingga bazar yang diikuti lebih 140 UMKM dengan menyajikan ratusan menu kuliner khas Indonesia maupun Jepang. Festival kebudayaan Jepang-Indonesia ini terbuka untuk masyarakat umum dan free entry mulai dari jam 10.00 – 21.00 WIB.
 
Sementara itu Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Festival Deltamas Matsuri bukan hanya sekedar festival, melainkan juga menjadi sebuat semangat persatuan dan keberagaman di Kabupaten Bekasi.
 
“Pemerintah Daerah tentunya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan berharap komunitas lainnya pun seperti komunitas dari Korea, Tiongkok, Eropa dan Amerika juga bisa melakukan hal yang sama untuk memperkaya khasanah dan pengetahuan masyarakat. Terlebih di Cikarang, Kabupaten Bekasi kan daerahnya sudah internasional ya dimana hampir 24 kebangsaan ada di disini sehingga kegiatan ini sangat positif dan kami tentunya menyambut kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai ajang untuk menumbuh persatuan dan keberagaman di Kabupaten Bekasi,” katanya. 
 
Kegiatan festival kebudayaan Jepang ini turut didukung oleh Kedutaan Besar Jepang, Japan Foundation, Jetro, Japan National Tourism Organization (JNTO), The Association for Overseas Tehnical Cooperation and Sustainable Parthership (AOTS), Cikarang Japan Club, Badan Promosi Pariwisata Daeraj (BPPD) Kabupaten Bekasi, Kadin Kabupaten Bekasi, Ikatan Alumni Program Habibie Indoesian hingga Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 912 Kali
Berita Terkait

0 Comments