Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 11/10/2023 13:00 WIB

Lama Vakum, Pemkab Bekasi dan KONI Selenggarakan Porkab

Pembukaan Porkab Bekasi 2023
Pembukaan Porkab Bekasi 2023
CIKARANG, DAKTACOM - Pekan Olah Raga Tingkat Kabupaten Bekasi (PORKAB) tahun 2023 resmi di buka Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan. Didampingi sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Koni Kabupaten Bekasi serta Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Bekasi.
 
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan bahwa Hajatan PORKAB 2023 ini merupakan sejarah baru bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi menghidupkan kembali kegiatan PORKAB ini. Setelah sekian lama vakum pelaksanaannya yang terakhir pada tahun 2006.
 
“Sudah lama sekali PORKAB ini tidak terlaksana, dan hari ini kita hidupkan kembali dan rencananya kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dilaksanakan per 2 tahun sekali.” ungkapnya kepada awak media, Rabu (11/10).
 
Menurut Dani, agenda PORKAB Tingkat Kabupaten Bekasi nantinya akan di selang seling dengan Pekan Olah Raga Pelajar (POPDA) tingkat Kabupaten Bekasi. 1 tahun Porkab, 1 tahun Popda, nanti Porkab lagi dan per 4 tahun ada Porprop.
 
“Ada pun tujuan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga reputasi kita (Kabupaten Bekasi-red) sebagai Juara Umum Porprov dengan mengembangkan sistem pembinaan olah raga pretasi yang berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten sehingga nanti atlet yang bertanding di Porprov menjadi kontigen Kabupaten Bekasi merupakan hasil dari juara juara dari Pekan Olah Raga Kabupaten Bekasi “ujarnya
 
Untuk hadiah yang di raih para atlet dalam Porkab 2023 tentu ada hadiah berupa medali. Sedangkan untuk bonus nya nanti akan diberikan kepada atlet dari kecamatan yang di wakilinya.”lanjutnya
 
Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan mengatakan animo masyarakat dalam menyambut Pekan Olah Raga Kabupaten Bekasi (PORKAB) 2023 sungguh luar biasa. Sementara untuk atlet potensial baru juga akan banyak muncul.
 
“Tahap pertama yang dilakukan KONi Kabupaten Bekasi itu adalah melakukan sosialisasi dahulu. Karena selama ini masyarakat Kabupaten Bekasi belum banyak mengenal olah raga pretasi yang di gelar banyak multi eventnya. Lalu yang kedua, kita bicara sinergisitas dan kelanjutan program event olah raga di kecamatan, kemudian yang ketiga kita mulai sejak sekarang bagaimana membentuk bagaimana anak anak bekasi punya pretasi bisa di level propinsi, hingga tingkat nasional Indonesia.”imbuhnya
 
Atlet yang punya pretasi terlibat di porprov, PON, mau Seagames apakah bisa ikut bermain juga di porkab, reza menjawab ada di tiap cabor ada tapi mayoritas tidak. Mayoritas cabor banyak yang membatasi usia.
 
“Ada di cabang tertentu, tapi mayoritas mereka (atlet-red) tidak” tegasnya.
 
Tantangan dalam penyelenggaran pembinaan pretasi olah raga kan bisa dimulai dari level terbawah yakni Desa. Kenapa harus dimulai melalui Pekan Olah Raga Tingkat Kabupaten Bekasi papar Reza kompetisi olah raga di level tinggi yang diadakan cabor itu banyak tetapi lagi lagi semua terbatas dengan daya dukung.
 
“Dengan PORKAB ini mereka mendapat daya dukung dari camat camat, sebenernya mereka bukan hanya mewakili cabornya tetapi juga mewakili daerahnya dan camatnya kepesertaan Porkab itu sebetulnya kecamatan sama kayak kita peserta propinsi itu kabupaten.”tandasnya.
 
Dengan adanya Porkab 2023 ini animo itu masyarakat muncul dan masyarakat coba berfikir untuk menyalurkan bakat olah raga anaknya untuk berlatih di olah raga pretasi.
 
Jumlah atlet yang bertanding pada Event Porkab 2023 ada sekitar 2300, dengan total kontigen dan official semua sekitar 3300***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 684 Kali
Berita Terkait

0 Comments