Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/09/2023 18:05 WIB

Pasar Senggol SMB, Jelajahi Cita Rasa Kuliner Asia

Pasar Senggol SMB.foto istimewa
Pasar Senggol SMB.foto istimewa

BEKASI, DAKTA.COM Pasar Senggol kembali menyapa pengunjung Summarecon Mall Bekasi (SMB) untuk yang ke-8 kalinya. Festival kuliner tahunan yang membawa kemeriahan pasar malam hadir dengan konsep dan nuansa yang lebih fresh untuk membawa energi positif dan keceriaan para pengunjung.

 

Dengan mengusung tema “The Asian Food Journey”, Pasar Senggol menyajikan beragam kuliner kekinian khas di negara-negara Asia di antaranya mulai dari Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, China dan India yang berlangsung mulai dari 22 September - 29 Oktober 2023.

 

Bertempat di area terbaru, tahun ini Pasar Senggol berpindah dari area sebelumnya di parkir barat The Downtown Walk ke area parkir selatan dengan ukuran yang lebih luas yaitu 12.300m2 sehingga eksplorasi menikmati keseruan di Pasar Senggol akan semakin menyenangkan. Pengunjung dapat menikmati festival kuliner Pasar Senggol yang dibuka setiap hari Senin - Kamis (16.00 - 22.00 WIB) Jumat (16.00 - 23.00 WIB) Sabtu dan Hari Libur Nasional (11.00 - 23.00 WIB) dan Minggu (11.00 - 22.00 WIB). Selama 38 hari ke depan, Pasar Senggol menghadirkan berbagai menu kuliner khas 9 Negara Asia, Permainan Khas Pasar Malam, Artist Performance, Festival Balon Udara, Asian Traditional Dance Performance, Live Acoustic, School Performance hingga DJ Performance.

 

Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mall Bekasi mengatakan Pasar Senggol menjadi rangkaian acara yang selalu dinantikan pengunjung dan para pelaku UMKM setiap tahunnya. Tahun ini Pasar Senggol hadir dengan mengangkat tema makanan Asia untuk mengobati kerinduan karena banyak orang yang masih ragu untuk pergi keluar negeri.

 

"Tidak perlu jauh-jauh, cukup datang ke Pasar Senggol untuk merasakan sensasi menjelajahi kuliner favorit di setiap negara. Tanpa meninggalkan nuansa Indonesia, tahun ini kami menghadirkan kemeriahan festival balon udara yang kami datangkan langsung dari asalnya yaitu Wonosobo. Kesemua rangkaian acara, kami hadirkan untuk memberikan pengalaman menjelajahi Pasar Senggol dalam nuansa yang berbeda setiap tahunnya,” kata Ugi.

Wisata Kuliner dan Permainan Pasar Malam

Memasuki gerbang Pasar Senggol, pengunjung disambut dengan nuansa berbagai macam dekorasi dari khas negara-negara Asia. Agar semakin merasakan sensasi travelling ke negara-negara Asia, dekorasi-dekorasi yang mewakili dari setiap negara juga dihadirkan seperti gerbang Torii yang ikonik dari Jepang, floating market khas dari Thailand, warung tenda makan khas Korea Selatan, hanging motif kain khas Indonesia dan masih banyak lagi.

 

Para pengunjung dapat berburu ribuan menu makanan dari 114 tenant yang terbagi dalam 3 area, yaitu 99 booth tenant dari 9 negara, 4 food truck dan 11 tenant gerobakan. Beragam menu kekinian hadir dalam rangkaian tahun ini seperti kulineran khas Indonesia lontong medan ka nors, kue putu bambu medan, kari bihun medan, chi chong fan dan masih banyak lagi. Selain itu juga, pengunjung dapat mencicipi kuliner khas dari negara-negara Asia seperti mee laksa Singapore, sukibray & grill khas Jepang, kopi butter & teh tarik 2 marga khas Malaysia, tha nom senbei khas Thailand, pho viet, street food Korea, nasi rempah India, dimsum pao khas Tiongkok dan masih banyak lagi.

 

Hal seru yang paling ditunggu dari Pasar Senggol adalah permainan khas pasar malam di antaranya Ombak Banyu, Kincir-Kincir, Kora-Kora, Carousel, Ontang Anting, Waterball, Kereta Jumbo, Tagada dengan harga mulai dari Rp 25.000 - Rp50.000. Selain itu, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu di area carnival games seperti Canoe River, Bumper Car, Merry Go Round, Kiddy Wheel, Magic Bike, Midway dan Giraffe Flying dengan harga setiap permainannya mulai dari Rp 30.000. Tak kalah seru, ada juga permainan giant inflatable balloon dengan harga tiket mulai dari Rp 35.000. Untuk melakukan pembayaran seluruh transaksi di Pasar Senggol, pengunjung dapat menggunakan scan QRIS atau dompet digital lainnya.

 

Selain bisa menikmati variasi makanan Asia, para pengunjung juga bisa mengikuti Shopper Program. Bagi setiap pengunjung yang melakukan pembelanjaan senilai Rp 200.000 (tidak berlaku kelipatan) di area Pasar Senggol berkesempatan mengikuti lucky dip dengan berbagai hadiah seperti totebag, bantal, kipas portable mini dan voucher belanja SMB senilai Rp 50.000.

 

Entertainment & Competition

 

Untuk pertama kalinya hadir di Bekasi, Festival Balon Udara Wonosobo turut meramaikan event Pasar Senggol tahun ini. Festival balon udara ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan secara turun menurun bagi masyarakat Wonosobo saat menjelang lebaran. Para pengunjung dapat menyaksikan dan menikmati keindahan pemandangan festival balon udara sambil berswafoto pada 15 & 22 Oktober 2023 di area Pasar Senggol.

 

Kemeriahan Pasar Senggol semakin terasa dengan hadirnya penampilan dari musisi-musisi ternama di antaranya Smash (29 September, 19.00 WIB), IDGITAF (6 Oktober, 19.00 WIB), Geisha (13 Oktober, 19.00 WIB), DJ Katty Butterfly (20 Oktober, 19.00 WIB) yang akan menghibur para pengunjung di panggung utama Pasar Senggol.

 

Tak hanya itu, pengunjung juga akan dihibur serangkaian Live Acoustic Performance setiap Senin-Jumat & Minggu pukul 19.00 WIB serta DJ Performance setiap Sabtu pukul 19.00 WIB. Tak ketinggalan, hadir juga School Performances dari sekolah-sekolah di Bekasi dan sekitarnya yang diadakan setiap harinya. Ada pula penampilan Asian Traditional Dance yang membawakan tarian tradisional dari beberapa negara di Asia seperti Indonesia, Thailand, India, Jepang dan Korea setiap hari Sabtu pukul 18.30 WIB. Pada area Layar Tancap juga akan diramaikan dengan Film Festival 100% Manusia pada 30 September, 1, 7 & 8 Oktober, pukul 19.00 WIB yang akan memutar film-film Asia dengan tema keluarga.

 

Tahun ini, Summarecon Mall Bekasi juga mengajak para content creator untuk membuat konten video di Pasar Senggol bertajuk #SMBSquad2023 dengan total hadiah senilai Rp 10.000.000. 

 

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : jaenuddin ishaq
- Dilihat 690 Kali
Berita Terkait

0 Comments