Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 18/07/2023 14:51 WIB

Ubhara Miliki Profesor Bidang Ilmu Akuntansi Keuangan Kontemporer

Prosesi Pengukuhan Guru Besar di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.Foto Ist Ubhara Jaya
Prosesi Pengukuhan Guru Besar di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.Foto Ist Ubhara Jaya

BEKASI, DAKTA.COM - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya melakukan pengukuhan terhadap guru besar pertama bidang Akuntansi Keuangan Kontemporer atas nama Prof. Dr. Istianingsih, S.E., M.S.Ak.

 

Pengukuhan Guru Besar ini digelar Selasa (18/7) dan dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Irjen.Pol (Purn) Prof. Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M.

 

“Salah satu momen terpenting dan penuh makna dalam dunia akademik, yaitu pengukuhan seorang professor/guru besar tetap. Acara ini adalah bukti nyata dari komitmen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya untuk menghormati pencapaian jenjang jabatan akademik yang luar biasa,” jelas Rektor Bambang Karsono, di hadapan sidang senat terbuka universitas.

 

Rektor Ubhara Jaya berharap kehadiran guru besar pertama ini dapat memberi kontribusi positif bagi kemajuan Ubhara Jaya. “Hal Ini menjadi sebuah contoh yang luar biasa dimana Prof. Dr Istianingsih, S.E., M.S.Ak., mampu melakukan akselerasi dari jabatan lektor 200 untuk mencapai gelar akademik tertinggi sebagai Profesor,” jelasnya lagi.

 

Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen sebagai Profesor pertama bagi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya diberikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 29022/M.07/2023 Tanggal 12 Juni 2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen. Prof. Dr. Istianingsih, S.E., M.S.Ak menjadi Guru Besar urutan ke 23 di tahun 2023.

 

Sidang Senat Terbuka Universitas Bhayangkara Jakarta Raya kali ini, juga menjadi refleksi dari momen penting Pengukuhan Profesor terhadap Rektor Universitas Bhayangkara, Irjen Pol (Purn) Prof.Dr. Drs. Bambang Karsono, SH.H., M.M., yang baru saja diperoleh dari Universitas Mindanao, Filipina, pada awal Juli 2023 lalu sebagai Visiting Professor melalui program Top Level Executive Exchange Program, yang menjadi bentuk kolaborasi strategis bidang akademik, antar kedua perguruan tinggi.

 

Selain itu, jajaran profesor dalam keanggotaan Senat Universitas Bhayangkara Jakarta Raya saat ini juga bertambah dengan dikukuhkannya Prof.Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H., M.H. yang saat ini merupakan Ketua Umum DPP Granat sebagai anggota baru dalam senat Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

 

“Dengan bertambahnya jajaran profesor dalam senat universitas ini, tentunya akan berdampak pada kemajuan Ubhara Jaya di bidang akademik, melalui kontribusi kepakaran yang dimiliki oleh para guru besar yang dimiliki Ubhara Jaya saat ini,” tegas Rektor.

 

Acara Pengukuhan Guru Besar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ini ditandai dengan Penyampaian Orasi Ilmiah sebagai Profesor pertama bidang Akuntansi Keuangan Kontemporer Ubhara Jaya oleh Prof. Dr. Istianingsih, S.E., M.S.Ak., yang bertema “Integrasi Antara Akuntasi dan Spiritualitas.”

 

“Saat ini begitu banyak fraud dalam penyajian laporan yang bermuara pada penyajian angka angka yang tidak benar. Saya ingin memfokuskan diri untuk bisa memberikan sumbangan pemikiran tentang bagaimana mengintegrasikan spiritualitas dengan dunia akuntansi. Semestinya kedua hal ini bisa diintegrasikan dalam bentuk fairness (keadilan) serta keterbukaan atas sebuah pelaporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan,” papar Profesor Istianingsih dalam orasinya.

 

Pengukuhan Guru Besar/Profesor ini dilakukan di depan Sidang Senat Terbuka Universitas yang dihadiri perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta), Ketua Dewan Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Drs. Chairuddin Ismail, S.H., M.H, Ketua Pengurus YBB, Irjen Polisi (Purn) Dr. Drs. E. Winarto Hadi, S.H., M.Si,  serta sejumlah tamu kehormatan lainnya.

 

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : jaenuddin ishaq
- Dilihat 797 Kali
Berita Terkait

0 Comments