Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/05/2023 07:00 WIB

Belum Lunasi Biaya Ibadah Perjalanan Haji, 112 Calon Haji Kota Bekasi Batal Berangkat Tahun Ini

HAJI BEKASI
HAJI BEKASI
DAKTA.COM - Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi menyebut  ada 112 calon haji asal Kota Bekasi batal berangkat ke tanah suci tahun ini.
 
Batalnya calon haji asal Kota Bekasi itu bukan tanpa alasan.
 
Sebab, hingga akhir waktu pelunasan biaya perjalanan haji (Bipih) pada Jumat (19/5/2023), ratusan calon haji belum melakukan pelunasan Bipih.
 
"Kuota Haji di Kota Bekasi 2.680 orang untuk pelunasan terakhir jemaah sebanyak 2568 jemaah, sedangkan 112 orang yang tidak melunasi," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi, Hasbiallah, Senin (22/5/2023).
 
Meskipun, kuota calon haji di Kota Bekasi tidak terpenuhi, karena ada ratusan calon haji yang tidak melakukan pelunasan Bipih.
 
Maka kata Hasbiallah, sebagai gantinya dari 112 slot yang kosong itu akan di isi dengan jemaah lain dari daerah lain di Jawa Barat.
 
"Sisa kuota dipakai daerah lain, karena di daerah lain ada yang lebih banyak yang melunasi cadangannya. Sedangkan di Kota Bekasi yang reguler dan cadangan ada 112 yang tidak melunasi," katanya.
 
Walaupun pemerintah, telah menyiapkan 8 ribu kuota untuk calon haji.
 
Namun, kuota itu hanya diperuntukkan bagi wilayah lain yang masa tunggu haji lebih dari 40 tahun. Sehingga Pemerintah memberikan tambahan kuota calon haji.
 
"Kemarin informasinya kalau yang tambahan untuk nasional itu untuk daerah-daerah yang luar Jawa yang dia masa tunggunya lebih panjang. Daerah lain kan ada yang masa tunggunya 40 tahun sampai 50 tahun, seperti Aceh. Sementara Jawa Barat kan rata-rata 24 sampai 5 tahun," ujarnya.
 
Dari 2.680 calon haji di Kota Bekasi, kata Hasbiallah pemberangkatan pertama akan dilakukan pada tanggal 25 Mei 2023 mendatang dari Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi
 
 
Sumber : TRIBUNEWS
- Dilihat 953 Kali
Berita Terkait

0 Comments