Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/05/2023 15:42 WIB

Rektor Ubhara Jaya Memperoleh Undangan Penganugerahan Gelar Profesor dari Universitas Mindanao, Filipina

Rektor Ubhara Jaya Bersama Universitas Mindanao Filipina
Rektor Ubhara Jaya Bersama Universitas Mindanao Filipina

BEKASI, DAKTA.COM  - Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Wisuda Program Sarjana dan Pasca Sarjana ke-28, Tahun Akademik 2022/2023 yang diselenggarakan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya kali ini.

 

Dalam prosesi wisuda yang meluluskan sebanyak 790 wisudawan pada semester ini, Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya memperoleh undangan resmi penganugerahan gelar profesor dari Universitas Mindanao, Filipina.

 

Undangan untuk mendapatkan penganugerahan gelar profesor kepada Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs Bambang Karsono, S.H., M.M, ini disampaikan langsung Presiden Universitas Mindanao, Guillermo Torres Jr., Ed.D saat menghadiri acara wisuda di Kampus II Ubhara Jaya, Kamis (11/5) pagi.

 

Acara penganugerahan gelar Profesor, akan berlangsung di Universitas Mindanao, “Undangan resmi untuk menjadi professor tamu (visiting professor) ini akan berlangsung di Universitas Mindanao pada bulan Juli mendatang di Davao City,“ jelas Dr. Guillermo Torres.

 

Presiden Universitas Mindanao menambahkan hal ini menandai kolaborasi yang semakin kuat di bidang akademik antara kedua perguruan tinggi, “Ubhara Jaya dan Universitas Mindanao memulai kolaborasi internasional di bidang akademik pada tahun 2016 lalu. Kolaborasi yang terus bergerak dinamis dan telah memiliki banyak inovasi program mulai dari kuliah internasional, program penelitian bersama mahasiswa dan dosen, serta program pertukaran mahasiswa. Komitmen ini akan terus berkembang hingga pertukaran pada tingkat akademik yang lebih tinggi lagi,” jelasnya lagi.

 

Saat ini, 4 Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, yang terdiri dari 3 Mahasiswa Fakultas Hukum dan 1 Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi juga tengah mengikuti Inbound Exchange Program di University of Mindanao, Davao City, Filipina untuk periode Januari s.d Mei 2023.

 

Dalam sambutannya Rektor Ubhara Jaya, Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M., mengatakan dukungan dari Universitas Mindanao menjadi loncatan yang sangat penting bagi kemajuan akademik dan meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian di Ubhara Jaya.

 

Rektor Ubhara Jaya mengatakan, sejauh ini Universitas Mindanao telah menjadi mitra strategis bagi Ubhara Jaya dalam menjalankan beberapa kerja sama strategis, termasuk dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah dalam bidang pendidikan.

 

"Program kerjasama yang sudah berjalan sangat konkrit dan lancer. Kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan dalam mengembangkan ilmu dan kemampuan serta nilai nilai kerjasama yang terjalin sangat baik antar kedua perguruan tinggi, terutama dalam upaya mencapai cita-cita menjadi perguruan tinggi unggul di tingkat nasional dan internasional yang menjadi visi Ubhara Jaya,” jelas Rektor.

 

Ketua LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwadani, M.P., yang turut menghadiri wisuda ini, dalam sambutannya mengatakan, penganugerahan gelar profesor ini akan menjadikan Ubhara Jaya dapat meraih peringkat unggul dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

 

Sementara itu Dr. Ir Paristiyanti Nurwadani, M.P juga mengapresiasi sejumlah pencapaian bidang akademik maupun kemahasiswaan yang diraih Ubhara Jaya terutama yang terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), “Saat ini ada sekitar 725 ribu mahasiswa yang terdaftar dan telah memiliki akun Kampus Merdeka, ada 14 ribu sekolah yang telah menerima manfaat bantuan di bidang pengajaran dan telah lebih dari 3 ribu organisasi telah menjadi partner terbaik dari 1.300 Perguruan Tinggi di Indonesia yang berpartisipasi dalam program MBKM termasuk Ubhara Jaya,” jelas Kepala LLDIKTI Wilayah III.

 

Dalam kesempatan wisuda yang kembali digelar secara tatap muka secara penuh oleh Ubhara Jaya ini, Rektor Ubhara Jaya berkesempatan menyampaikan sejumlah capaian prestasi yang diraih oleh Ubhara Jaya tahun ini, antara lain:

 

  1. Mencapai peringkat 175 dari 4.631 PTN dan PTS di seluruh Indonesia
  2. Menempati peringkat 183 dalam Online Website for International Colleges and Universities pada bulan Mei 2023.
  3. Mencapai peringkat 159 dalam pemeringkatan Online Website Webometric dari hasil promosi dan pengaksesan publikasi ilmiah.
  4. Meraih akreditasi unggul pada Program Studi Akuntansi berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Nomor 215/DE/A.5/AR.10/II/2023 tanggal 26 Februari 2023.
  5. Menempati klaster utama dalam pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

 

Acara Wisuda Program Sarjana dan Pasca Sarjana ke -28 Ubhara Jaya diisi dengan orasi Ilmiah dari Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Prof Dr. Ilza Mayuni, MA serta dihadiri Ketua Dewan Pembina, Yayasan Brata Bhakti, Prof Dr, Chairuddin Ismail, S.H., M.H, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Irjen Pol Dr Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., yang mewakili Kepala Kepolisian Republik Indonesia, jajaran pengurus Yayasan Brata Bhakti, anggota senat serta tamu kehormatan lainnya.

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : Jaenuddin Ishaq
- Dilihat 993 Kali
Berita Terkait

0 Comments