Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/04/2023 22:00 WIB

SMPN 1 Tamsel Sebut Study Tour Tak Memberatkan Orang Tua Siswa

Kepsek SMPN 1 Tamsel Hj Anissa di SMA Taruna Nusantara
Kepsek SMPN 1 Tamsel Hj Anissa di SMA Taruna Nusantara
TAMBUN SELATAN, DAKTACOM - SMPN 1 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi menyebut kegiatan study tour ke Magelang dan Yogyakarta pada 16 Maret 2023 lalu tidak melanggar Surat Edaran Disdik bahkan kegiatannya didukung oleh orang tua siswa. 
 
Sebelumnya, sekelompok massa yang mengatasnamakan Angkatan Mahasiswa Bekasi (Akamsi) berunjuk rasa pada Selasa (11/4). Pihak sekolah dituding melanggar Surat Edaran Dinas Pendidikan No. 420/431/Disdik.
 
Kepala SMPN 1 Tambun Selatan Hj Anissa M.Pd, Rabu (12/4) menepis tudingan tersebut. Kegiatan study tour yang dilakukan tidak memberatkan orang tua siswa bahkan kegiatannya dikelola oleh mereka sendiri. 
 
"Pada saat mahasiswa unjuk rasa, orang tua siswa membawa famlet-famlet yang intinya mendukung kegiatan sekolah dan tidak dirugikan, terutama anak-anak yang sudah tiga tahun ini tidak bisa berpergian karena Covid-19. Kegiatan study tour ini untuk menambah wawasan siswa dan memotivasi untuk kejenjang selanjutnya dengan melihat sekolah yang sistem pendidikannya bagus yakni SMA Taruna Nusantara Magelang," katanya. 
 
Menurutnya kegiatan study tour dilakukan perencanaan oleh orang tua dan didukung oleh Komite Sekolah, apalagi juga melakukan survey terlebih dahulu apakah orang tua setuju dengan kegiatan itu. 
 
"Dari total siswa yang berangkat sebanyak 350 siswa, yang disubsidi atau diringankan sebanyak 18 siswa bahkan ada 3 siswa yang digratiskan dan diberikan uang saku karena yatim piatu," ujarnya. 
 
Terkait surat edaran yang dipersoalkan, Anissa menjelaskan bahwa surat edaran itu terbit saat pandemi sedang marak-maraknya di tahun 2020. Dalam surat itu memang ditegaskan sekolah dilarang menjual seragam sekolah, buku, melakukan study tour. 
 
"Surat itu muncul saat adanya Covid-19, tetapi sekarang situasinya berbeda, presiden menganjurkan pemulihan ekonomi. Maka kebijakan untuk melakukan study tour kita ambil. Saat ini banyak juga sekolah yang merencanakan study tour. Pelaksanaan di sekolah kami sudah sesuai peraturan Mendikbud dan mengedepankan aturan yang berlaku," tutupnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 898 Kali
Berita Terkait

0 Comments