Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 25/03/2023 07:00 WIB

Wujudkan Industri Ramah Lingkungan, FajarPaper Terima First Welding Infrastruktur Pipa Gas Bumi dari PGN

FajarPapar terima first welding pipa PGN
FajarPapar terima first welding pipa PGN
CIKARANG, DAKTACOM - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, menerima first welding pembangunan infrastruktur pipa gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk selaku Subholding Gas Pertamina.
 
Pembangunan infrastruktur tersebut dibangun untuk keamanan suplai gas bumi dan penyediaan energi yang ramah lingkungan bagi lingkungan FajarPaper.
 
Kebutuhan gas bumi FajarPaper tercatat sebesar 11, 67 s.d 17,5 BBTUD dan menjadi salah satu perusahaan dengan penyerapan gas bumi terbesar dan menjadi pelanggan terbesar dari 240 industri di wilayah Bekasi yang total volume penyerapan gas bumi kurang lebih 71 BBTUD.
 
General Manager Sales Operation Region II PGN (SOR II) Sonny Rahmawan Abdi mengatakan FajarPaper membutuhkan kepastian pasokan untuk keberlanjutan operasional dan juga seiring dalam peningkatan produksi. Sehingga diupayakan dalam pemenuhan gas bumi untuk FajarPaper, baik untuk ad-hoc maupun long-term melalui pembangunan infrastruktur pipa menuju pabrik produksi FajarPaper. 
 
"FajarPaper juga menjadi partner yang strategis bagi PGN memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang menghasilkan kertas berskala dunia dengan menggunakan proses yang bertanggung jawab. Oleh karenanya, PGN ingin menyamakan visi dalam melaksanakan proses kontruksi pipa yang dibangun di area perusahaan FajarPaper dengan penuh tanggung jawab," jelasnya. 
 
Menurutnya, dengan volume kebutuhan gas yang cukup besar, proses komersialisasi sudah dilaksanakan dan first welding kontruksi pipa kurang lebih sepanjang 2 KM dengan diameter 12 inch juga terlaksana, aspek safety ini akan dijaga secara bertanggung jawab sampai saat gas in nanti. 
 
"Kami juga berterima kasih atas kepercayaan FajarPaper untuk menggunakan gas bumi dari PGN. Gas bumi mengalir 24 jam dalam 7 hari, akan diserap dan dimanfaatkan untuk menunjang produksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan," tambahnya. 
 
Direktur TeknikTeknik dan Pengembangan PT PGAS Solution Lebinner Sinaga menyebut sebagai anak perusahaan PGN, targetnya zero accident. Pihaknya berupaya optimum agar pembangunan pipa di FajarPaper dapat berjalan on time, on budget, dan on quality.
 
"Espektasi waktu gas in diharapkan tidak terkendala," katanya. 
 
Direktur PT Fajar Surya Wisesa, Tbk Yustinus Kusumah menyampaikan saat ini, 70 persen hasil dari produksi FajarPaper dikirim untuk konsumen dalam negeri dan permintaan kertas kemasan juga meningkat saat ini. Oleh karena itu, FajarPaper melakukan kemitraan dengan PGN dalam hal energi sebagai salah satu komponen dalam proses produksi. 
 
“Saat ini kita sudah memulai babak baru, relaksasi pandemi sudah dimulai dan pertumbuhan ekonomi mulai kembali berjalan. Kami berharap, penyediaan gas bumi melalui pipa PGN dapat memasok gas yang lebih stabil dan konsisten, sehingga hal tersebut dapat membantu proses produksi FajarPaper menjadi lebih baik lagi, baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri," ucapnya. 
 
Ia berharap proses kontruksi dan target gas in dapat terealisasi dengan lancar. Semoga kerja sama ini juga memberikan benefit bagi kedua belah pihak. 
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada PGN. Semoga kedepannya pemakaian gas tidak hanya di Bekasi melainkan juga dapat diterapkan di Surabaya.” ujarnya. 
 
FajarPaper memiliki infrastruktur untuk menunjang produksi seperti 2 Gas Turbin dan 1 steam turbin. Dengan pemanfaatan gas, diharapkan dapat semakin menuju ke arah environment friendly. Mengingat FajarPaper memproduksi kertas dengan bahan baku 100% daur ulang dengan tujuan untuk membantu pelestarian lingkungan, dan penggunaan sumber energi untuk menjadikan FajarPaper sebagai clean industry.
 
FajarPaper, yang memiliki 3.000 karyawan dan 30% dari hasil produksinya diekspor ke manca negara, senantiasa berkomitmen untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui berbagai kegiatan CSR perusahaan baik dalam bidang ekonomi, kesehatan, infrastruktur, pendidikan, maupun lingkungan. 
 
Dalam bidang Pendidikan, FajarPaper telah berpartisipasi dalam berbagai program renovasi sekolah dan pemberian bantuan alat tulis dan beasiswa, dan juga bidang lainnya seperti sosial, pemberdayaan masyarakat dengan program ekonomi sirkular dan lingkungan melalui program GEMARI BUMITANIK (Gerakan masyarakat mandiri melalui budidaya maggot, ikan, dan tanaman hidroponik) dengan menggunakan sampah organik dari limbah rumah tangga sebagai pakan maggot, dan juga program lainnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1147 Kali
Berita Terkait

0 Comments