Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 05/12/2022 07:00 WIB

Mengenal NFT: Pengertian Dan Keunggulan

NFT 1
NFT 1
JAKARTA, DAKTACOM - Beberapa waktu yang lalu istilah Non-Fungible Token (NFT) memang sempat menjadi salah satu trending topik, terlebih untuk para seniman dan orang IT. 
 
Sebelum kalian berinvestasi di NFT, ada baiknya kalian mengenal NFT ini dengan baik supaya bisa tahu dan memahaminya dengan baik. NFT ini pada dasarnya merupakan salah satu aset digital yang muncul akibat perkembangan Blockchain. 
 
Seperti di ulas situs Pintu bahwa popularitas dari NFT sendiri memang terus meningkat, dan sampai saat ini banyak investor muda yang tertarik dengan NFT. Bahkan menurut Coindesk, hasil pendapatan yang didapatkan dari NFT sejak 2017 saja sudah mencapai 174 juta US Dollar lho. 
 
Berikut kami akan jelaskan mengenai NFT itu sendiri dan juga keunggulan yang dimiliki NFT ini.
 
Apa Itu NFT?
 
NFT sendiri merupakan aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti misalnya lukisan, musik, game, sampai ke video pendek. 
 
Umumnya NFT sendiri menggunakan kode khusus yang dibuat dengan mempergunakan software dasar yang serupa dengan aset Crypto. NFT sendiri biasanya dibeli dan juga dijual secara online dan biasanya dibayarkan dengan mempergunakan Cryptocurrency. 
 
NFT termahal sendiri sebenarnya sudah ada dari tahun 2014 silam, tapi saat ini makin terkenal karena dianggap praktis dan aman untuk jual beli karya digital. Proses transaksi dari NFT ini sangat terbatas, karena mempergunakan kode pengenal unik untuk setiap karya digital yang menjadi NFT.
 
Meskipun demikian siapa pun masih bisa melihat keseluruhan karya digital, namun pembeli yang memiliki item aslinya.  
 
Hak kepemilikan atas karya tersebut akan dipegang oleh pembeli dan hal ini bisa dibuktikan dari bukti pembelian yang ada pada blockchain. 
 
Hak cipta dari NFT ini masih melekat pada pembuatnya, sehingga pembuatnya masih mendapatkan keuntungan ketika pembeli menjual atau menggunakannya. Dalam mengenal NFT kalian harus tahu cara pembeliannya, di mana pembelian NFT membutuhkan marketplace khusus.  
 
Perbedaan NFT Dengan Crypto
 
Dari penjelasan di atas memang terlihat NFT itu hampir serupa dengan Crypto, padahal sebenarnya keduanya itu berbeda. Berikut ini kami akan jelaskan apa sih perbedaan dari NFT dengan Crypto yang perlu kalian ketahui dengan baik juga. 
 
1. NFT itu adalah Non Fungibel yang berarti tidak bisa ditukar dengan objek yang memiliki nilai serupa seperti halnya Crypto. Kalau di Crypto kalian bisa menukarnya dengan objek atau mata uang yang senilai dengan nilai dari Crypto tersebut.
 
2. Tujuan keduanya pun berbeda, kalau Crypto itu kalian akan beli dan simpan sampai nilai Crypto itu naik. Sementara NFT itu bertujuan untuk mendapatkan kepemilikan. 
 
Keunggulan NFT
 
Berikut beberapa keunggulannya. 
1). Langka dan tidak bisa dipalsukan
2). Keamanan aset lebih tinggi
3). Hak kepemilikannya itu kekal dan tidak bisa dibatalkan. 
 
Demikianlah beberapa hal untuk mengenal NFT. 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 805 Kali
Berita Terkait

0 Comments