Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/10/2022 17:00 WIB

Diprediksi Sulit Menang, AHY Disarankan Realistis Cukup Incar Kursi Menteri

AHY dan Anies Baswedan
AHY dan Anies Baswedan

DAKTA.COM - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin berpandangan, akan lebih menguntungkan bagi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menargetkan menjadi menteri jika Anies Baswedan terpilih menjadi presiden pada 2024.

 

Dia pun menyarankan AHY untuk mendukung langkah Anies maju pada Pilpres 2024, ketimbang mendampinginya sebagai calon wakil presiden (cawapres).

 

"Karena kan secara politik, (AHY) belum punya pengalaman di bidang politik. Baru hanya jadi ketum partai, di Jakarta pun kalah sebagai cagub (calon gubernur)," kata Ujang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

 

Ujang mengaku tak bisa memperkirakan apa alasan Demokrat mendorong AHY untuk dipasangkan dengan Anies.
 

Padahal, menurut dia, jika AHY menjadi menteri, akan mendapatkan posisi penting. AHY disebut bisa saja menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator di kabinet Anies.

 

"Saya sih melihat, ya bagusnya sih jadi menteri dulu, misalkan mendukung Anies dulu, biar cawapresnya bisa cari, Khofifah, atau siapa yang bisa memberikan kemenangan pada Anies," ucap dia.

 

Bukan tanpa alasan, Ujang tak bisa menjamin duet Anies-AHY akan menang pada Pilpres 2024.

 

"Tapi ya itu repotnya, kalau Anies dipasangkan AHY enggak tahu, belum tentu menang, itu yang agak repot," tutup dia.

 

Diketahui, beberapa waktu belakangan, momen kedekatan Anies dan AHY tertangkap oleh media massa Momen kedekatan itu semakin jelas setelah Anies dideklarasikan oleh Nasdem sebagai calon presiden.

 

Usai dideklarasikan, Anies mengunjungi AHY di Kantor DPP Demokrat. Keduanya tampak menunjukkan keakraban.

 

AHY juga mengamini jika diusung menjadi cawapres untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024. "Kita amini saja," ujar AHY saat ditemui di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2022).

 

AHY enggan berkomentar banyak perihal duet Anies-AHY untuk Pilpres 2024. Namun, dia tidak masalah menjadi cawapres dari Anies apabila itu dikehendaki oleh rakyat

 

"Kalau ada sesuatu yang baik dan itu menjadi harapan rakyat, kita amini saja," ucapnya.
 

 

Sumber : KOMPAS
- Dilihat 1059 Kali
Berita Terkait

0 Comments