Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 01/10/2022 15:00 WIB

Deltamas Matsuri 2022, Ajang Festival Budaya Jepang-Indonesia

Pembukaan Deltamas Matsuri Ajang Festival Budaya Jepang
Pembukaan Deltamas Matsuri Ajang Festival Budaya Jepang
CIKARANG, DAKTACOM - Untuk melestarikan budaya dan meningkatkan pariwisata serta industri kreatif bagi masyarakat Jepang-Indonesia di sekitar Kota Deltamas Cikarang, Jakarta dan Jawa Barat, Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari Tbk yang merupakan pengembang Kota Deltamas menyelenggarakan festival kebudayaan Jepang-Indonesia bertajuk Deltamas Matsuri 2022 pada Sabtu dan Ahad (1-2/10) di Jl. Ghanesa Boulevard, Deltamas Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi. 
 
Deltamas Matsuri menghadirkan bintang-bintang ternama yakni vokalis Gigi Band Armand Maulana, Hiroaki Kato, Gea Ren-Ai Ft. Ryuu Band, Shojo Complex, Cikarang Keion Club, Akemi, Galaxy Jazz Orchestra, Jakarta Kelon Club, Anies Ft. Koral Band, Nekodachi, Razen Girl, Avenue 1, Naira, Amal Monogatari dan lainnya. Acara ini juga dimeriahkan Cosplay Parade dan Senam Zumba-Aerobic. Terdapat juga Jepang-Indonesia bazaar, kompetisi olahraga dan jajanan kuliner UMKM. Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan gratis tiket masuk mulai jam 10.00-21.00 WIB.
 
Diselenggarakan atas kerjasama KAJI (Komunitas Alumni Jepang di Indonesia dan Kota Deltamas serta didukung oleh Kedubes Jepang. Japan Foundation, JETRO, INTO (Japan National Tourism Organization), AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships). CIC (Cikarang Japan Club), BPPD (Badan Promosi Pariwisata Daerah) Kabupaten Bekasi, KADIN Kabupaten Bekasi dan IABIE (Alumni Habibie) di Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
 
Direktur Operasional Kota Deltamas, Robertus Satriotomo mengatakan Deltamas Matsuri 2022 ini diadakan karena cukup banyak ekspatriat Jepang yang bekerja di kawasan industri GIIC dan sekitar Cikarang dan menggerakkan roda ekonomi dan pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi. 
 
"Deltamas Matsuri ini baru pertama kali, semoga ke depan dapat lebih bekerjasama dan berkolaborasi dalam memunculkan kebudayaan Jepang. Kita akan berusaha lagi dan mencoba membuat festival budaya dari negara lain. Saya sangat berterima kasih khususnya untuk perkembangan aksebilitas dari pemerintahan sehingga investor senang berusaha disini," katanya. 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataan secara daring memberikan apresiasi atas terselenggaranya Deltamas Matsuri 2022 .
 
"Harapannya kegiatan ini semakin menarik wisman Jepang untuk berkunjung ke Indonesia serta dapat memperluas peluang dan mempromosikan pariwisata Indonesia kepada Jepang," tuturnya. 
 
Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan seiring dengan berkembangnya industri tidak dapat dipungkiri penduduknya menjadi multietnis dan global. Dengan banyaknya penduduk yang multietnis dan global itu diharapkan dapat memajukan daerah. 
 
"Kita terbuka pada semua budaya, budaya yang mengandung kebaikan dan postif diambil dan dikolaborasikan. Festival budaya lainnya akan diselenggarakan sehingga budaya Kabupaten Bekasi akan semakin majemuk berakulturasi," kata Dani***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 757 Kali
Berita Terkait

0 Comments