Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 25/07/2022 16:30 WIB

Lima Titik Jalan Rusak Cicau Sukamahi Menuju Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi Diperbaiki

JALAN RUSAK ilustrasi
JALAN RUSAK ilustrasi

 

DAKTA.COM - Lima titik jalan rusak menuju kantor pemerintah Kabupaten Bekasi akan diperbaiki, termasuk ruas jalan alternatif. Perbaikan jalan Cicau-Sukamahi itu dilakukan di titik menuju kawasan perkantoran Pemda di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan ada 5 titik ruas jalan rusak yang memerlukan perbaikan segera.

"Saya sudah meninjau ruas jalan Cicau-Sukamahi," kata Dani di Cikarang,

Lima titik jalan rusak itu harus segera diperbaiki seluruhnya karena berbahaya bagi pengguna jalan. Lapisan beton di titik tersebut sudah retak dan pecah.

Warga sekitar diminta ikut mengawasi perbaikan jalan tersebut serta memeliharanya. Pj Bupati Bekasi itu juga minta agar pengguna jalan memperhatikan tonase kendaraannya ketika melewati jalan tersebut.

"Supaya infrastruktur jalan tidak kembali rusak," ujarnya.  

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Iwan Ridwan mengatakan perbaikan jalan itu ditargetkan selesai pada September 2022.

Teknik perbaikan jalan dimulai dengan pengerukan jalan total, atau membuat ruas baru yang telah ditinggikan.

Jalan itu akan dibeton menggunakan spesifikasi di atas jalan kelas 3A agar kerusakan jalan akibat dilintasi kendaraan bertonase dan bermuatan besar dapat diminimalisir. Menurut Iwan, jalan itu kerap dilalui truk-truk besar.

"Ada berbagai tipe pengerjaan karena struktur awalnya sudah rusak parah jadi dikeruk, dibuat jalan baru. Kalau struktur lama masih kuat, kita tinggikan saja," kata Iwan.

Peningkatan spesifikasi pengerjaan pada ruas jalan rusak itu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan permukaan jalan sehingga tidak cepat rusak. 

"Di kawasan industri memang agak sulit untuk mengawasi ataupun menghambat truk besar. Karena dikelilingi kawasan industri, jalan ini menjadi jalan pintas sehingga spesifikasinya ditingkatkan," kata dia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : TEMPO
- Dilihat 1286 Kali
Berita Terkait

0 Comments