Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/07/2022 18:00 WIB

Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia Disebut Mirip dengan di India

covid19 12
covid19 12

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia mirip dengan India. Kedua negara ini, kata Menkes, mengalami kenaikan kasus yang tidak cepat, namun terus mengalami kenaikan secara perlahan.

 

Hal ini disampaikan Menkes Budi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/7/2022)

 

“Indonesia itu mirip dengan India, dimana kenaikannya tidak cepat, tetapi perlahan naik terus, dan kita belum lihat puncaknya tercapai dengan cepat seperti yang terjadi di negara-negara lain,” kata Menkes Budi, Senin (18/7/2022).

 

Budi menyebut, sejumlah negara lain pun telah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Bahkan kenaikan kasus di beberapa negara telah menembus angka 100 ribu per hari.  

 

Lebih lanjut, Menkes juga melaporkan terkait subvarian omicron BA.4 dan BA.5 yang memiliki kemampuan untuk menghindari vaksinasi. Bahkan, varian ini 2-3 kali lipat lebih efektif menembus vaksinasi dibandingkan varian omicron BA.1.

 

“Kami juga menyampaikan informasi kepada Bapak Presiden, bahwa subvarian BA.4 BA.5 memang memiliki kemampuan untuk vaccination evasion. Jadi bisa menembus vaksinasi,” kata Budi.

 

Dengan demikian, kemungkinan masyarakat untuk terinfeksi varian ini lebih tinggi meskipun sudah divaksinasi Covid-19. Namun, vaksinasi tetap memberikan perlindungan yang tinggi terhadap masyarakat yang terinfeksi agar tak masuk rumah sakit atau bahkan meninggal dunia.

 

Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster kepada masyarakat.

 

“Karena walaupun ada kemungkinan terkena tapi booster itu terbukti mampu melindungi kita untuk tidak masuk rumah sakit, dan kalau masuk RS tingkat fatalitasnya akan sangat rendah,” jelasnya.

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 494 Kali
Berita Terkait

0 Comments