Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 21/06/2022 07:00 WIB

Shin Tae Yong Ungkap Arti Penting Melatih Timnas Indonesia

Shin Tae Yong
Shin Tae Yong

DAKTA.COM-  Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae Yong mengungkapkan arti penting melatih Timnas Indonesia dalam kariernya.

Dalam wawancara dengan media Korea Selatan FN News, Shin Tae Yong mendapat pertanyaan soal arti menjadi pelatih Indonesia dalam kariernya.

"Saya telah berpengalaman melatih semua turnamen besar di Korea, termasuk Piala Dunia 2018 di Rusia dan Olimpiade Rio 2016," kata Shin Tae Yong dikutip dari FN News.

"Ketika saya pertama kali mulai melatih di Indonesia, beberapa orang di sekitar saya bertanya-tanya. Memang ada kondisi yang lebih baik di tempat lain dan di tempat baru ini saya ingin mencari tantangan. Saya ingin mengevaluasi kembali diri saya di tempat baru dan seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki. Itu masih dalam proses," kata Shin Tae Yong.

Shin dikontrak PSSI dengan durasi empat tahun atau hingga 2023 pada Desember 2019. Shin memulai aksinya dengan menangani Timnas Indonesia U-19 dilanjutkan timnas senior pada Januari-Februari 2020.

Sayang pandemi Covid-19 menghantam pada Maret 2020. Ini membuat program yang telah dirancang Shin tak bisa berjalan lancar. Meski demikian Shin tetap bisa membawa tim berlatih di luar negeri.

Sentuhan pertama Shin di Timnas Indonesia terjadi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Oktober 2021. Hasilnya mengecewakan dengan imbang sekali dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Beruntungnya Shin membuat tim Garuda lolos dari lubang jarum babak play off Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Sukses ini berlanjut dengan masuk final Piala AFF.

Setelah itu Shin juga mengantar Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu SEA Games 2021. Ini tidak memenuhi target. Terakhir, Shin mempersembahkan tiket tampil di putaran final Piala Asia 2023.


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 817 Kali
Berita Terkait

0 Comments