Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/10/2015 09:24 WIB

Bencana Asap Tak Kunjung Padam, Walhi Lakukan Class Action

Ilustrasi Kebakaran Hutan
Ilustrasi Kebakaran Hutan

BEKASI_DAKTACOM: Bencana asap dan kebakaran hutan yang terjadi dibeberapa wilayah Indonesia saat ini mendapatkan perhatian dan juga mengundang keprihatinan berbagai kalangan.

Direktur Eksekutif Walhi, Abet Nego Tarigan mengatakan saat ini Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) sedang menyiapakan materi dan bukti untuk melakukan gugatan kelompok atau class action.

“Walhi masih mengumpulkan keluhan masyarakat guna menuntut pemerintah karena kerugian yang ditimbulkan oleh bencana kabut asap,“ jelas Abet Nego saat berbincang bersama Dakta pada Senin (12/10).

Dalam upaya melakukan gugatan kelompok ini, Walhi juga sedang menyiapkan bahan gugatan serta pengacara yang paham akan kasus ini.

“Ada banyak kerugian warga dengan adanya bencana asap yang dialami beberapa wilayah seperti dari Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat,” ucap Abet Nego.

Selama kurun waktu 17 tahun lebih bencana asap ini terjadi baru sekarang Walhi melihat masyarakat berani untuk melakukan langkah gugatan. Hal ini dikarenakan ketidakpahaman masyarakat untuk melakukan upaya hukum.

Meluasnya pembakaran lahan ini, menurut Abet Nego karena adanya pembiaran dari pemerintah setempat dan minim tindakan.

“kelalaian pemerintah lainnya adalah perizinan yang tidak di barengi dengan pengawasan yang baik, tegas Abet Nego. (Syifa Faradila)

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1155 Kali
Berita Terkait

0 Comments