Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/05/2022 19:00 WIB

UMKM Setu BERSINAR: Strategi Kolaboratif Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Pelatihan UMKM Setu Bersinar
Pelatihan UMKM Setu Bersinar
SETU, DAKTACOM - UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
 
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97%. Tingginya jumlah UMKM ini merupakan kemajuan yang tidak terlepas dari berbagai tantangan. 
 
Tantangan tersebut tentu dialami para pelaku usaha tak terkecuali di wilayah Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Berangkat dari munculnya urgensi mengenai kegiatan ini, wirausahawan di Setu didorong untuk membuat forum UMKM sebagai wadah diskusi dan pemenuhan asupan pengetahuan maupun relasi. 
 
Guna menjawab kebutuhan tersebut, Patriot Desa Kabupaten Bekasi khususnya wilayah penempatan di Kecamatan Setu menginisiasi acara bertajuk UMKM Kecamatan Setu Bersinar (Bangkitkan Ekonomi Berbasis Inovasi Pasar). 
 
Acara ini digelar di Kantor Desa Tamansari, Kecamatan Setu pada 17-18 Mei 2022. Gelaran ini disponsori oleh Bank BJB, Pegadaian, dan Sooltan Pay -serta menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Universitas Pelita Bangsa, dan Shopee. Pada acara ini UMKM Kecamatan Setu difasilitasi untuk mendapat berbagai materi di antaranya: 
 
1. Legalitas Usaha oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi
2. Membidik Segmentasi Pasar oleh Universitas Pelita Bangsa
3. Manajemen Keuangan dan Akses Permodalan oleh Bank BJB
4. Digital Marketing dan Pembuatan Toko Online oleh Shopee UMKM Ekspor 
 
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kabid KPPM DPMD Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bekasi, Kabid Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, anggota DPRD Kabupaten Bekasi Ade Kuswara Kunang, Camat Kecamatan Setu, Kepala Desa se-Kecamatan Setu, dan peserta dari masing-masing desa di Kecamatan Setu. Peserta berjumlah 60 orang dari 11 desa di kecamatan Setu.
 
Selain mendapat pengetahuan, peserta difasilitasi langsung untuk membuat NIB. Hebatnya, selain memperoleh NIB peserta juga bisa membawa pulang sertifikat dan menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1113 Kali
Berita Terkait

0 Comments