Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 10/10/2015 10:54 WIB

Efek Kabut Asap, Nelayan Aceh Sulit Melaut

Ilustrai Kabut Asap Lepas Pantai
Ilustrai Kabut Asap Lepas Pantai

ACEH_DAKTACOM: Kabut asap akibat pembakaran hutan di sejumlah daerah di Sumatera, berdampak terhadap aktivitas nelayan di Perairan Aceh Utara, Provinsi Aceh sehingga harga ikan melonjak.

Kabid Pengawasan Bina Mutu Hasil Perikanan pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Utara Razali di Lhokseumawe, Jum'at (10/10), mengatakan bahwa akibat kabut asap yang melanda wilayah Aceh dalam beberapa kurun waktu terakhir sangat berimbas kepada nelayan.

Di Aceh Utara saja, berdasarkan laporan yang diterima oleh pihaknya dari para nelayan menyebutkan, bahwa akibat kabut asap tersebut, nelayan sulit untuk melaut karena terbatasnya jarak pandang.

Sehingga dikhawatirkan akan keliru dalam melabuhkan alat tangkap dengan kapal nelayan lainnya. Serta akibat terbatasnya jarak pandang dimaksud, nelayan banyak yang beroperasi disekitar bibir pantai, terang Razali.

Selain terbatasnya jarak pandang, akibat lain yang dirasakan oleh nelayan adalah mata menjadi perih serta sulit bernapas, apalagi yang memiliki riwayat sakit pada saluran pernafasan.

Karena sulitnya nelayan dalam beraktivitas, akibat yang ditimbulkan oleh kabut asap yang masih sangat tebal tersebut, adalah pada mahalnya harga ikan.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 1081 Kali
Berita Terkait

0 Comments