Internasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 10/05/2022 07:00 WIB

Dewan Keamanan PBB Bakal Bahas Rudal Korut Pekan Ini

korut uji coba luncurkan rudal balistik dengan kereta 2 169
korut uji coba luncurkan rudal balistik dengan kereta 2 169

DAKTA.COM -  Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-bangsa (DK PBB) akan menggelar pertemuan pada Rabu (11/5) mendatang atas permintaan Amerika Serikat (AS) untuk membahas peluncuran rudal Korea Utara baru-baru ini.

Dilansir Reuters, Selasa (10/5), pemerintah AS berupaya mendorong dewan beranggotakan 15 negara itu untuk memperkuat sanksi terhadap Korut.

Korea Selatan melaporkan Korut menembakkan sebuah rudal balistik dari kapal selam pada Sabtu lalu. Padahal, DK PBB melarang peluncuran rudal tersebut.

Washington juga menilai bahwa Korut bisa jadi bersiap untuk melakukan pengujian nuklir paling cepat bulan ini.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan pemerintahnya menginginkan DK PBB menggelar pemungutan suara pada Mei untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Korut.

Namun, dua negara pemegang hak veto China dan Rusia telah memberi sinyal akan menentang tindakan itu.

Korut sendiri, telah menjadi target sanksi PBB sejak 2006. Sanksi tersebut telah ditingkatkan dalam beberapa tahun terakhir oleh DK PBB dalam rangka memangkas pendanaan Korut bagi program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Namun, negara Asia yang terisolasi itu berhasil menghindari sejumlah sanksi PBB. Pemimpin Korut Kim Jong Un bulan lalu berjanji akan mempercepat pengembangan senjata nuklir di negaranya.



 

 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 778 Kali
Berita Terkait

0 Comments