Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/05/2022 20:00 WIB

Usai Lebaran, Jumlah Pendatang di Kota Bekasi Diprediksi Capai 10.000 Orang

KOTA BEKASI 4
KOTA BEKASI 4

BEKASI, DAKTA.COM - - Sebanyak 10.000 warga diprediksi akan datang ke Kota Bekasi, Jawa Barat, setelah libur Lebaran tahun 2022.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufik Hidayat mengatakan, angka tersebut dihitung berdasarkan jumlah pendatang pada Lebaran tahun lalu.

 

"Mengacu pada data pelaporan pindah datang, penduduk yang masuk pasca-Lebaran 2021 sekitar 6.225 orang masuk Kota Bekasi. Diproyeksikan saat ini bisa bertambah mencapai 10.000 orang," kata Taufik dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

 

Taufik mengatakan bahwa prediksi tersebut juga didasarkan pada situasi pandemi Covid-19 yang sudah melandai di Indonesia.

 

Sebanyak 10.000 orang yang akan datang ke Kota Bekasi, lanjut Taufik, memiliki tujuan untuk mencari kesempatan dan kehidupan yang lebih layak di kota. Atas arus urbanisasi ini, Taufik tidak bisa melarang kehadiran para pendatang, tetapi ia tetap mengimbau semua warga yang datang agar melengkapi semua hal terkait administrasi kependudukan.

 

"Prinsipnya sama, kami tidak bisa mencegah warga yang akan masuk ke Kota Bekasi, karena kesempatan untuk tinggal di mana pun adalah hak warga negara, sepanjang seluruh warga memiliki dokumen administrasi kependudukan yang lengkap," sambung Taufik.

 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto sudah lebih dahulu mengimbau para ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk mendata para pendatang usai libur Lebaran.

 

Pendataan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk menekan arus urbanisasi.

 

"Warga nanti yang hadir, 1x24 jam diharapkan untuk melaporkan diri ke aparat pemerintah mulai dari yang terkecil, dari RT, RW, kemudian sampai di kelurahan, kecamatan," ucap Tri, Kamis (5/5/2022).

 

Selain imbauan tersebut, Tri juga mengatakan akan terus memantau arus urbanisasi yang akan terjadi di Kota Bekasi usai Lebaran ini.



Tri mengatakan, jika memang ingin mencari kehidupan yang layak di Kota Bekasi, para pendatang harus memiliki keahlian agar dapat berkontribusi membangun Kota Bekasi.

 

"Orang yang kemudian akan mengais rejeki, ya mereka juga ingin ikut berkontribusi, membangun Kota Bekasi, sehingga nantinya mereka menjadi orang-orang yang produktif. Harus punya skill dan kemampuan," kata Tri.

 

Sumber : KOMPAS
- Dilihat 361 Kali
Berita Terkait

0 Comments