Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/04/2022 16:00 WIB

Dishub Kembali Lakukan Ram Check Di Terminal Bekasi

WhatsApp Image 2022 04 27 at 18.32.51
WhatsApp Image 2022 04 27 at 18.32.51
DAKTA.COM - Belum lama ini Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengintruksikan agar Dinas Perhubungan (Dishub) di setiap daerah melakukan uji layak angkutan mudik. Yakni, Ram Check di Terminal.
 
Mendapatkan info tersebut Dishub Kota Bekasi pun langusng melakukan "ram check" atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum, di Terminal Induk Kota Bekasi, Selasa (26/4). 
 
Usai Ram Check, Kabid Prasarana pada Dishub Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut saat rakor dengan kementerian perhubungan dalam rangka mempersiapkan angkutan lebaran yang aman dan nyaman bagi pemudik
 
"Kami sediakan 100 sticker yang akan ditempelkan ketika angkutan lebaran layak beroperasi. Bila ada yang rusak berat, kita langsung koordinasi dengan kepala terminal agar tak boleh beroperasi," kata Johan usai Ram Check di Terminal Induk Kota Bekasi.
 
Ia juga menyampaikan, pihaknya kedepannya akan lebih sering melakukan pengecekan rangka mesin dan kelengkapan administrasi.
 
Apalagi menjelang musim arus mudik seperti ini harus lebih detail pengecekannya guna antisipasi terjadinya kecelakaan pada kendaraan yang mengangkut pemudik
 
"Pastinya kita akan lebih rutin lagi pengecekan berkalanya. Jangan hanya ada moment seperti ini saja, supaya penumpang itu nyaman ketika menuju kampung halamannya," ungkapnya
 
Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor KIR Dishub Kota Bekasi, Hadi Prabowo mengatakan, pihaknya menerjunkan 5 orang penguji dan 1 PPNS untuk melakukan ram check selama 5 hari.
 
Namun, bila saat pengecekan ada kekurangan. Maka pihaknya langsung menegur secara lisan agar dilengkapi kekurangannya tersebut
 
"Bila kami menemukan kekurangan, dari pemilik kendaraan. Kita akan segera melengkapi kekurangan tersebut. Tapi yang lebih di tekankan lagi adalah seperti lampu penerangan dan uji rem, itu yang harus diutamakan," terangnya.
 
Lebih lanjut, pada kegiatan Ram Check ini, pihaknya juga memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan. Salahsatunya kecocokan antara nomor rangka yang ada di fisik dengan dokumen.
 
"Kita cocokkan semuanya sesuai atau tidak. Baru lanjut pengecekan sistem penerangannya, sistem remnya, kotak P3K-nya, senter, pembuka ban dan dongkraknya. Jika sesuai kita persilahkan beroperasi," ungkapnya.

 

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 1021 Kali
Berita Terkait

0 Comments