Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/01/2022 16:00 WIB

Tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi Diperbaiki, Puluhan Rumah Direlokasi

Terpal dipasang di tanggul Citarum 1
Terpal dipasang di tanggul Citarum 1

BEKASI, DAKTA.COM : Puluhan rumah warga di Kampung Tapak Serang RT05 RW03 Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, akan direlokasi. Langkah ini dilakukan karena pemerintah segera memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang jebol dan longsor.

Camat Cabangbungin Asep Buhori mengatakan, rumah warga yang akan direlokasi itu nantinya menjadi akses untuk alat berat yang akan digunakan memperbaiki tanggul Sungai Citarum.

"Sekitar lima meter dari sisi tanggul itu harus dibebaskan. Jumlah rumah warga yang akan direlokasi antara 31 atau 41 rumah, karena untuk jalan alat berat ke titik tanggul yang diperbaiki," kata Asep, Rabu (26/1).

Sosialisasi soal rencana relokasi itu sudah disampaikan ke para pemilik rumah. Menurut Asep, warga sudah menerima rumahnya direlokasi asalkan mendapat ganti rugi.

"Insyaallah warga mau direlokasi rumahnya, karena ini kan untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan pribadi. Jadi memang harus direlokasi, pengeboran saja sekarang sudah lima meter, kalau tidak direlokasi bisa merusak bangunan," jelasnya.

Tanggung Jawab Pemkab Bekasi

Soal ganti rugi bagi warga yang rumahnya direlokasi, lanjut Asep, kemungkinan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

"Kalau pusat kan yang memperbaiki tanggul, jadi daerah yang akan ganti rugi rumah warga yang akan direlokasi," katanya.

Tanggul Sungai Citarum yang jebol dan longsor sepanjang 300 meter di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi sebelumnya ditinjau Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki bersama beberapa utusan kementerian, Selasa (25/1).

"Insyaallah dalam waktu yang tidak lama lagi pembahasan lebih lanjut di kementerian segera dilakukan," kata Marjuki.

 

Sumber : merdeka.com
- Dilihat 264 Kali
Berita Terkait

0 Comments