Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 07/01/2022 08:00 WIB

Musim Hujan Belum Berakhir, Petugas Damkar Masih Siaga

Ilustrasi banjir di PHP Rawalumbu Kota Bekasi
Ilustrasi banjir di PHP Rawalumbu Kota Bekasi

CIKARANG, DAKTACOM - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi menyatakan kesiagaannya untuk menghadapi bencana banjir yang sangat mungkin terjadi di sejumlah titik, diakibatkan tingginya curah hujan.

 

Selain banjir, tanah longsor serta hujan disertai angin kencang atau puting beliung masih berpotensi terjadi di Kabupaten Bekasi.

 

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Hasan Basri menyatakan, petugas Damkar di tiap posko baik pusat maupun yang berada di wilayah semua siaga penuh.

 

"Dari mulai tim rescue, tim evakuasi semua standby baik yang di posko utama maupun yang di wilayah. Kita menunggu laporan, dan akan bergerak cepat," ujar Hasan saat dikonfirmasi, Jumat (7/1).

 

Hasan menjelaskan, tim Damkar yang disiagakan bukan hanya menangani saat banjir, tapi juga kedaruratan lain seperti munculnya binatang yang mengganggu warga ketika terjadi banjir.

 

"Yang paling prioritas adalah membantu warga pasca banjir. Kita juga terus berkomunikasi. Tim disiagakan, baik dalam melayani saat terjadi banjir maupun pasca banjir," jelasnya.

 

Masalah yang terjadi pasca banjir, kata dia, diantaranya warga mengalami kesulitan dalam membuang air dan lumpur yang menggenang di dalam rumah.

 

"Damkar juga membantu warga dalam menyedot air agar rumah yang terdampak genangan air bisa segera ditempati. Kita memiliki alat pembuang air. Kita juga membantu warga yang terdampak pasca banjir," kata Hasan***

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1150 Kali
Berita Terkait

0 Comments