Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 04/01/2022 10:00 WIB

Jangan Takuti Anak Dengan Jarum Suntik

VAKSIN ANAK
VAKSIN ANAK

JAKARTA, DAKTA.COM :  Pemerintah secara resmi telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun sejak Selasa (14/12) dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak. Orang tua, terutama para ibu, diminta tidak menakuti anak-anak mereka terhadap jarum suntik. Dengan demikian, anak-anak bersedia diimunisasi maupun disuntik vaksin COVID-19.

"Hal ini penting mengingat banyak para orang tua yang masih menakut-nakuti anak-anaknya dengan kata 'suntik' agar sang anak mau melakukan sesuatu yang diinginkan orang tua," kata Kepala Divisi Pengawasan Monitoring dan Evaluasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra

Jasra mengatakan, seringkali anak mengalami trauma mendengar kata suntik. Hal ini terjadi karena kebiasaan orang dewasa menakutinya dengan kata 'suntik'. 

"Misalnya saja, nanti mama bawa suntik ke dokter lho, kalau tidak mau makan. Awas kalau nakal disuntik lho. Dan masih banyak lagi atas nama suntik, menakuti anak agar melakukan sesuatu yang diinginkan," kata Jasra.

Menurut dia, kata-kata tersebut sangat membekas untuk anak sehingga ketika masuk waktu imunisasi, vaksin atau disuntik anak anak diserang ketakutan berlebih. Bagi orang tua yang pernah menakuti anak dengan kata suntik, kata dia, hendaknya meminta maaf pada anak dan sampaikan bahwa suntik adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan.

"Katakan ke mereka (anak-anak) dengan disuntik anak-anak terhindar dari kondisi kesehatan yang sangat buruk sampai mereka dewasa nanti," ujarnya.

Jasra menuturkan sebelum vaksinasi, anak anak agar dipastikan mendapat asupan makanan yang tidak memicu reaksi pencernaan seperti kepedasan, sakit perut. Anak-anak juga agar jangan melakukan aktivitas yang terlalu banyak menguras energi sehingga memicu suhu badan naik atau kelelahan. Para orang tua juga sebaiknya mendengarkan pendapat anak tentang suntik.

 "Bila anak melakukan hal yang menunjukkan sikap tidak mau divaksin, jangan pernah dimarahi karena akan semakin membenarkan sikapnya tersebut. Lebih baik dengarkan apa yang anak rasakan, katakan bahwa itu juga yang mama papa rasakan sebelum vaksin. Namun ternyata tidak benar seperti itu," pesannya.

 

Pastikan anak dalam kondisi sehat

Anggota Satgas Imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Indonesia), Cissy RS Prawira Kartasasmita, mengatakan, sejumlah persiapan yang perlu dilakukan untuk vaksinasi anak di antaranya anak harus dalam kondisi sehat. “Vaksin akan dijadwalkan oleh sekolah atau puskesmas. Malamnya cukup tidur. Anak juga harus diberi tahu akan divaksinasi. Umumnya anak-anak sudah tahu karena biasanya sudah ada program imunisasi rutin di sekolah,” terang Cissy dalam diskusi daring, Selasa (21/12).

Ia juga menambahkan, bahwa anak jangan ditakut-takuti melainkan harus diedukasi terkait fungsi vaksinasi. “Orang tua kalau perlu membawa catatan imunisasi yang sudah ada supaya bisa ditulis di buku imunisasi apa saja yang sudah diperoleh anak,” pesan Cissy.

Cissy mengingatjan, meskipun bergejala ringan jika terkena virus Covid-19, anak-anak rentang usia 6-11 tahun tetap harus mendapat perhatian.

“Angka kasus COVID-19 pada anak meningkat pada tahun kedua apalagi dengan adanya varian baru Delta dan Omicron sehingga anak perlu mendapatkan perlindungan, salah satunya dengan vaksinasi,” ujarnya.

Ketua Pokja Imunisasi PERALMUNI itu menegaskan, meski bergejala ringan namun Covid-19 juga bisa menimbulkan komplikasi berat yang bisa meninggalkan bekas pada anak. Terutama bila terjadi gangguan organ. Dengan vaksinasi, lanjutnya, maka anak akan lebih kuat imunitasnya.

"Kalau pun terkena COVID-19 maka gejalanya lebih ringan," ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa anak-anak berpotensi menularkan virus corona kepada orang lain di lingkungannya. Misalnya ke anak di bawah 6 tahun yang belum bisa divaksin Covid-19 serta lansia dengan komorbid. Karena itu, ia meminta masyarakat menyegerakan vaksinasi anak-anak.

Pelaksanaan vaksin untuk anak telah dimulai dari wilayah dengan cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Kick off dilakukan pada Selasa (14/12) di 115 kabupaten atau kota, dan akan terus bertambah.

 

 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 1421 Kali
Berita Terkait

0 Comments