Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/12/2021 12:38 WIB

Nadim Jabat Mendikbud Ristek, Jokowi Mengaku Beruntung Punya Menteri Paham Teknologi

Mendikbud Ristek RI Nadim Makarim.foto ist
Mendikbud Ristek RI Nadim Makarim.foto ist

JAKARTA, DAKTA.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya beruntung memiliki Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

 

Menurut Jokowi, pengalaman Nadiem di perusahaan teknologi sangat dibutuhkan untuk menyiapkan talenta di bidang digital dalam jumlah besar.

 

"Kita beruntung Menteri Pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahaan teknologi, Mas Nadiem. Untung banget kita," kata Jokowi saat meresmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12).

 

Jokowi mengatakan, Indonesia tidak punya banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain di bidang digital.

 

Ia ingin Indonesia maju, bahkan melompat mengungguli negara lainnya hanya dalam waktu 2 tahun ke depan.

 

Namun demikian, ia mengakui bahwa sulit untuk menyiapkan talenta-talenta digital dalam jumlah besar.

 

Sulit pula mendatangkan mentor-mentor yang memiliki kualifikasi baik. Tetapi, kata Jokowi, tantangan-tantangan tersebut bisa dijawab.

 

"Saya tanya selalu dijawab dengan sangat cepat. Ini gimana jumlahnya, engga mau saya seribu dua ribu, kita minta jutaan (talenta digital). (Nadiem menjawab) bisa Pak," ujarnya.

 

 

Jokowi pun memuji program Kampus Merdeka Belajar yang dicanangkan Nadiem. Ia ingin perusahaan teknologi besar mau menyediakan tempat bagi para mahasiswa untuk magang.

 

Hal ini supaya para generasi muda lebih kaya akan kemampuan digital, sehingga terbentuk kultur digital di Indonesia.

 

"Kalau kita tidak bisa menyiapkan ini, akan sulit sekali kita mengejar negara-negara lain. Kuncinya sekali lagi dalam jumlah yang banyak," kata Jokowi.
 


Meski sulit, ke depan, Jokowi ingin secepatnya terbangun pemerintahan digital atau digital government.

 

Ia pun mengaku telah memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mempercepat pembangunan infrastruktur digital di Tanah Air.

 

"Kalau infrastruktur kita siap, talenta digital ada, pemerintahan digital siap, regulasi digital siap, sehingga terbangun ekosistem masyarakat digital di negara kita," kata Kepala Negara.

Reporter :
- Dilihat 2609 Kali
Berita Terkait

0 Comments