Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 27/11/2021 14:00 WIB

Himpunan Alumni Kehutanan IPB Komda Jabar Peringati Hari Menanam Pohon

Himpunan Alumni Kehutanan IPB Komda Jabar Peringati Hari Menanam Pohon
Himpunan Alumni Kehutanan IPB Komda Jabar Peringati Hari Menanam Pohon
SETU, DAKTACOM - Pengurus Komda HA-E IPB Jawa Barat mengadakan kegiatan menanam pohon bersama dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2021 di Hutan Kota Eduforest, Desa Tamansari Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/11). 
 
Selain menanam pohon, acara tersebut sekaligus pengukuhan pengurus HA-E Komda Jabar periode 2021-2024 oleh Ketua Umum DPP HA-E IPB Bambang Hendroyono (E20).
 
Ketua Komda HA-E IPB Jawa Barat, Umad Muhammad mengatakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan HA-E IPB setiap tahunnya. 
 
"Alhamdulillah peringatan HMPI tahun ini dapat kami gelar bersama dengan ketua umum Himpunan Alumni Kehutanan Institut Pertanian Bogor bapak Bambang Hendroyono dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat bapak Insinyur Haji Epi Kustiawan," kata Umad. 
 
Menurutnya, pengukuhan pengurus HA-E IPB Komda Jawa Barat sengaja berbarengan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan dalam pelaksanaannya turut melibatkan unsur masyarakat dan instansi terkait. 
 
"Kita berharap dengan penanaman pohon bersama dapat memberikan kesadaran dan kepedulian pada seluruh masyarakat mengenai pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon," terang Umad.
 
Adapun bibit pohon yang akan ditanam merupakan tanaman khas Jawa Barat, seperti Kecapi, Duwet, lobi-lobi, Wuni, Geredog dan Namnam.
 
"Semoga dapat memperkaya varietas tanaman yang sudah ada," harapnya.
 
Pengurus Komda HAE IPB Jawa Barat, Eris Purnama, mengatakan pohon yang ditanaman merupakan pohon langka khas Jawa Barat. 
 
"Kita tanam pohon langka khas Jawa Barat seperti buni, namnam, buwek, burahol, geredog, dan lainnya," kata dia. 
 
"Harapan ke depan ini menjadi tempat khusus edukasi warga di sekitar sini, juga untuk melestarikan tanaman langka khas Jawa Barat," ucap pria yang juga ketua Himpunan Alumni IPB Kabupaten Bekasi.
 
HAE Jabar berharap Eduforest nanti dapat menjadi objek wisata dan tempat edukasi warga untuk menanam dan penghijauan.
 
"Di Bekasi ini kan banyak lahan menjadi industri. Jadi area ini cukup punya potensi penghijauan untuk memelihara tanaman langka. Ini akan terus berkembang. Beberapa spot kita tanami sesuai dengan zonasi, ada tanaman khas Jawa Barat, ada bambu dan ada tanaman perniagaan seperti buah-buahan produktif," katanya. 
 
Komda HAE IPB Jawa Barat rutin dalam sejuah kegiatan seperti penanaman pohon, pemberian bantuan ke daerah terdampak bencana, penanaman pohon ke sekolah-sekolah dan lainnya.
 
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat H. Mochammad Ridwan Kamil dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Epi Kustiawan mengatakan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati pada tanggal 28 November setiap tahunnya. 
 
Penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia tak lepas dari kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian pohon demi mencegah dampak perubahan iklim yang kini jadi perhatian banyak pihak. 
 
"Dengan keseimbangan alam, berbagai bencana di masa depan dapat dicegah demi keamanan umat manusia," kata Epi Kustiawan.
 
Dirinya menyambut baik kepengurusan Komda HA-E IPB Provinsi Jawa Barat yang akan dikukuhkan Ketua Umum DPP HA-E IPB Bambang Hendroyono, hari ini.
 
"Semoga dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bersama-sama memberikan kesadaran serta kepedulian pada seluruh masyarakat mengenai pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon," harap Epi***
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 629 Kali
Berita Terkait

0 Comments