Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 02/10/2015 08:53 WIB

Fahri: Pengibaran Bendera Palestina di PBB Belum Jamin Kemerdekaan

Gedung PBB
Gedung PBB

JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menilai pengibaran bendera Palestina di markas PBB belum menjamin kemerdekaan mereka.

Fahri mengatakan meskipun sudah mulai ada pengakuan dari PBB mengenai negara Palestina, namun sejauh ini masih terus terjadi operasi militer dan invasi oleh Israel di tanah tersebut.

"Sekarang kalau memang dunia Internasional menginginkan kemerdekaan negara Palestina sepenuhnya, maka marilah kita turun tangan dalam mengawal proses transisi, pemilu, dan penyerahan wilayah-wilayah yang diakui oleh pemerintahan Palestina," ujarnya pada Kamis (1/10).

Fahri juga menegaskan posisi Indonesia tetap dalam posisi mendukung kemerdekaan Palestina sesuai amanat pembukaan UUD 1945.

"Dengan pengibaran bendera saja belum ada jaminan kemerdekaan Palestina sepenuhnya. Jelas kami akan terus berdiri di belakang mereka dan mendesak di forum internasional hingga negara Palestina benar-benar berdiri seutuhnya tanpa tekanan dari manapun," tegas Fahri.

Untuk pertama kalinya bendera Palestina berkibar di markas PBB setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas berpidato dalam Majelis Umum PBB yang menyerukan solusi bagi dua negara yang bertikai di tanah tersebut.

Peristiwa ini terjadi setelah melalui proses pemungutan suara dalam Sidang Majelis Umum PBB dimana terdapat 119 negara yang menyetujui pengibaran bendera Palestina.

Dengan demikian, PBB secara resmi mengakui Palestina sebagai negara pemantau non-anggota yang benderanya diperbolehkan berkibar di Markas PBB selain Vatikan.

Reporter :
Editor :
- Dilihat 1032 Kali
Berita Terkait

0 Comments