Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/03/2015 15:58 WIB

Tari Tarek Pukat Aceh

Tari Tarek Pukat Budaya Aceh
Tari Tarek Pukat Budaya Aceh
ACEH_DAKTACOM: Dalam bahasa aceh, tarek pukat berarti menarik jala ikan, di mana kegiatan ini berlangsung di daerah pesisir, yang merupakan kegiatan rutin para nelayan. Kegiatan tarek pukat sangat kental akan kebudayaan aceh, sebagai mana kita tau daerah aceh di kelilingi oleh pesisir laut. Selain itu, tarek pukat merupakan sebuah tarian daerah yang menggambarkan tentang kegiatan “menarek pukat”
 
Tarek pukat merupakan salah satu tarian daerah aceh yang sangat terkenal. Tarian ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan rakyat aceh yang tinggal di pesisisr pantai, yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan.
 
Tarian ini sangat mencerminkan keadaan orang-orang aceh pesisir. Selain itu, tarian tarek pukat biasanya diiringi oleh musik ”serune kala” dan alunan musiknya sangat tradisional serta kental akan kebudayaan aceh sendiri.
 
Tarian tarek pukat biasanya di tarikan oleh 7 sampai 9 orang wanita, dan 4 atau 5 orang laki-laki yang mengiringi tarian ini. Pada dasarnya, gerakan tarian ini sangatlah sederhana, dan mudah untuk di pelajari. Dalam tarian ini para wanita berdiri dan duduk sambil merangkai rangkaian tali yang mencerminkan jaring ikan, lalu para laki-laki mengiringi tarian ini di belakang para wanita dengan memperagakan gerakan yang mencerminkan seseorang menangkap ikan.
 
Di era sekarang, tarian ini sudah banyak berkembang, baik dari segi gerakan, pakaian adat, maupun aransemen musik yang mengiringinya, namun perubahan-perubahan yang terjadi tidak terlalu mencolok dan tidak melenceng dari bentuk tarian aslinya, yang penting, pada dasarnya, tarian ini merupakan warisan kebudayaan Aceh yang harus kita jaga dan kita lestarikan, terutama kepada anak-anak muda yang kurang mencintai kebudayaan daerah.***
 
 
 
Editor :
- Dilihat 2198 Kali
Berita Terkait

0 Comments