Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/11/2021 12:00 WIB

Tingkatkan Layanan Medis, Siloam Sentosa Bekasi Resmikan Alat CT Scan

Peresmian alat CT scan Siloam Sentosa Bekasi
Peresmian alat CT scan Siloam Sentosa Bekasi
BEKASI, DAKTACOM - Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional serta Hari Stroke Sedunia 29 Oktober, Siloam Sentosa Bekasi meresmikan ruang pelayanan computerized tomography scan atau CT scan bagi para pasien, Jumat (12/11). 
 
Direktur Siloam Sentosa Bekasi dr. Kristianus Cahyono, MM, EMBA mengatakan sebagai bagian dari jaringan Siloam Hospitals, pihaknya meresmikan satu pelayanan baru, yakni CT scan. 
 
"Pelayanan ini adalah bentuk komitmen yang terus berkembang, ini jadi tanggungjawab kami karena masyarakat yang sudah mempercayakan penanganan kesehatannya di Siloam Sentosa," katanya. 
 
Ia menyebut sepanjang tahun 2021, jumlah pasien yang ditangani baik rawat jalan ataupun inap sebanyak 45 ribu pasien, 70 persen diusia produktif dengan penyakit metabolik, gangguan mata, dan stroke. 
 
"Kondisi ini butuh penanganan yang cepat, jika tidak maka pasien akan mengalami gangguan komplikasi lainnya, dengan kondisi sakit tentu mereka kehilangan kemampuannya yang berdampak pada gangguan mata pencaharian. Keberadaan CT scan ini menjawab kebutuhan diagnosis yang tepat dan optimal," jelasnya. 
 
Dokter spesialis radiologi Siloam Sentosa, dr. Michael A. Sundah, SpRad, MM, CAT mengatakan layanan CT scan yang baru diresmikan ini untuk mendeteksi penyakit diantaranya stroke, apakah stroke disebabkan karena pendarahan atau bukan, tentunya jika beda penyebab, beda juga penanganannya. 
 
"Nanti bisa diketahui bagaimana metode penyembuhannya dengan melihat hasil CT scan. Jika mengalami stroke pasien harus cepat dibawa ke rumah sakit maksimal 3,5 jam agar segera ditangani dan kelumpuhan yang dialami tidak semakin parah," tuturnya. 
 
Selain stroke yang jadi fokus utama, Michael menjelaskan alat tersebut juga bisa mendeteksi torak, infeksi torak, kelainan di rongga dada dalam hal ini rongga paru dan pembuluh darah lainnya. Kedepan CT scan ini menggunakan kontras sehingga bisa menganalisa pembuluh darah besar seperti kelemahan pembuluh darah.
 
"Kemudian juga untuk penyakit ginjal bisa diketahui letak batu ginjal, maka memudahkan dalam proses operasi pemecahan batu ginjal. Serta pasien akibat kecelakaannya bisa diobservasi mengenai tulangnya apakah perlu dilakukan tindakan operasi atau tidak," jelasnya. 
 
Sementara itu, dokter spesialis saraf dr. Erwan Wijaya Putra Sianipar, SpN mengatakan penyakit stroke menjadi salah satu penyakit penyebab kematian di Indonesia, jika cepat ditangani maka bisa meminimalisir dampaknya.
 
"Stroke bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian, biasanya orang yang menderita stroke berusia diatas 50 tahun, namun usia muda juga bisa terkena akibat pola hidup yang buruk," katanya. 
 
Lurah Duren Jaya Bekasi Timur Fredy Tridiansyah mengapresiasi adanya layanan CT scan dari Siloam Hospital, dengan lengkapnya pelayanan maka membantu warganya untuk mendapatkan akses kesehatan.
 
"Penduduk disini jumlahnya 74 ribu, sangat banyak ditengah wilayah yang padat, akses layanan kesehatan bisa didekatkan, karena kesehatan disamping tanggungjawab pemerintah juga swasta***
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 2070 Kali
Berita Terkait

0 Comments