Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 04/11/2021 06:00 WIB

Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI

Jendral Andika Perkasa
Jendral Andika Perkasa

BEKASI, DAKTA.COM : Nama calon Panglima TNI telah diserahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke DPR RI pada Rabu (3/11/2021). Ia adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

 

"Jenderal TNI Andika Perkasa," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

 

Puan menyebut, pergantian Panglima TNI adalah suatu hal yang harus dilakukan. Mengingat, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini.

 

"Presiden hanya mengusulkan nama satu calon Panglima ke DPR RI untuk mendapatkan persetujuannya," terang Puan.

 

Dengan telah diterimanya surpres calon Panglima TNI, Puan mengatakan, akan dilakukan mekanisme di DPR, sehingga selanjutnya fit and proper test.

 

"Komisi I DPR akan melakukan fit and proper terhadap calon yang diajukan presiden, selanjutnya Komisi I akan melaporkan hasil fit and proper test dalam rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan," kata Puan.

 

Sebelumnya, ada dua nama kandidat yang berpeluang kuat yang menjadi panglima TNI selanjutnya.

 

Keduanya yakni Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono.

 

Komisi I DPR RI berencana menggelar rapat internal terkait jadwal uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Panglima TNI pukul 14.00 hari ini, Kamis (4/11). 

 

"Rapat internal yang diikuti seluruh anggota komisi I akan memutuskan kapan Fit and Proper diadakan," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Rabu (3/11).

 

Meutya menuturkan dalam proses pemilihan Panglima TNI, DPR punya  waktu untuk melakukan verifikasi dokumen calon Panglima serta kemungkinan verifikasi aktual sebagai bagian dari fit and proper test. "Semangat Komisi I tentu lebih cepat lebih baik, dengan memperhatikan semua tahapan yang perlu dilalui secara lengkap," tutur politikus Partai Golkar tersebut. 

 

Sementara itu Komisi I menyambut baik terkait diusulkannya nama Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. Meutya menilai Jenderal Andika memiliki profesionalitas dan integritas yang baik untuk menjadi Panglima TNI. 

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : LIPUTAN 6
- Dilihat 737 Kali
Berita Terkait

0 Comments