Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 01/10/2015 11:16 WIB

Luhut Bantah Pemerintah Minta Maaf pada PKI

Menkopolhukam Luhut Panjaitan
Menkopolhukam Luhut Panjaitan

JAKARTA_DAKTACOM: Menkopolhukam Luhut Pandjaitan membantah kabar bahwa pemerintah akan meminta maaf kepada keluarga eks PKI.

"Tidak ada kabar semacam itu, sebenarnya yang akan kami lakukan adalah upaya rekonsiliasi terhadap keturunan orang-orang yang dituduh terlibat dalam G 30 S. Jadi harus kita temukan dulu faktanya apakah memang ada pelanggaran HAM kepada mereka," paparnya pada Rabu (30/9).

Luhut mengakui agak kesulitan dalam menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM berat pada peristiwa ini lantaran para saksi sejarah sudah banyak yg telah tiada.

"Kami juga sedang berupaya menemukan konsep yg tepat dalam rekonsiliasi ini tanpa harus mengungkit kenangan pahit di masa lalu, karena peristiwa 30 September ini dapat memunculkan isu yang sangat sensitif," katanya.

Setelah hampir setengah abad berlalu, peristiwa berdarah Gerakan 30 September selalu menimbulkan kontroversi.

Belum lama ini pemerintah dikabarkan akan meminta maaf kepada keluarga eks PKI yg dituding terlibat dalam Gerakan 30 September.

Namun tidak hanya korban di tahun 1965, pemerintah juga menyatakan akan berupaya menemukan fakta pelanggaran HAM berat di kasus2 lainnya seperti kasus Penembakan Misterius/Petrus, penculikan aktivis 1997, dan tragedi Trisakti-Semanggi 1998.

Reporter :
Editor :
- Dilihat 686 Kali
Berita Terkait

0 Comments