Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/08/2021 13:27 WIB

DPRD Sebut Pemprov DKI Jakarta Belum Miliki Alat Deteksi Bencana

ilustrasi banjir di Jl.Jatinegara Kampung Melayu Jakarta.foto istimewa
ilustrasi banjir di Jl.Jatinegara Kampung Melayu Jakarta.foto istimewa

JAKARTA, DAKTA.COM -  Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah menyayangkan belum adanya alat deteksi bencana yang dimiliki oleh Pemprov.

Padahal, sebagai ibu kota, Pemprov DKI wajib memiliki alat peringatan kebencanaan seperti banjir dan bencana alam lainnya.

Pernyataan Ida, menanggapi pernyataan Presiden AS Joe Biden yang menyinggung prediksi Jakarta berpotensi tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Ida mengatakan, isu ini sebenarnya pernah dibahas oleh Pemprov DKI bersama Komisi D sekitar tahun 2018-2019. Dalam pembahasan itu, Ida mengusulkan ada alat yang dapat mendeteksi kondisi alam di Jakarta seperti banjir, permukaan tanah yang turun dan sebagainya.

Namun, berdasarkan pengamat Ida dan Komisi D, hingga saat ini tak kunjung pembahasan tersebut membuahkan hasil.

"Sampai hari ini pun, saya melihatnya belum ada keseriusan Pemda untuk memasang atau memprogramkan pemasangan alat deteksi dini terkait dengan gempa tsunami dan lain sebagainya," jelas Ida, Rabu (4/8).

Ida mengatakan, prediksi Jakarta akan tenggelam kembali dibahas bersama Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Yusmada. Saat proses pembahasan, politikus PDIP itu mengaku prihatin atas kondisi tersebut.

Namun demikian, ia meminta Pemprov tidak menyerah atas kondisi dataran Jakarta saat ini. Sebab, lanjutnya, Pemprov DKI memiliki tanggung jawab menyelamatkan warga Jakarta dari bencana alam khususnya banjir.

"Memang ini sangat memprihatinkan kita. Tapi tidak boleh menyerah begitu saja tentunya Pemda punya tanggung jawab untuk mencari solusi atau paling tidak jangan sampai, kalau itu benar-benar terjadi (Jakarta tenggelam) warga Jakarta banyak yang menjadi korban," ujarnya.

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 2457 Kali
Berita Terkait

0 Comments